AS: Semua Opsi di Atas Meja untuk Tangani Korea Utara

Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un. (Foto: dok. News Week)

 

New York, 10 Jumadil Akhir 1438/9 Maret 2017 (MINA) – Amerika Serikat (AS) telah mengatakan bahwa “semua opsi di atas meja” untuk menangani Korea Utara.

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley juga mengecam pemimpin Korea Utara Kim Jong-un setelah Dewan Keamanan PBB membahas peluncuran empat rudal balistik Pyongyang pada hari Senin.

“Kami tidak berurusan dengan orang yang rasional,” kata Haley pada hari Rabu (8/3), demikian Al-Jazeera memberitakannya yang dikutip MINA. “Ini luar biasa, arogansi yang tidak bertanggung jawab kita lihat keluar dari Kim Jong-un saat ini.”

Dia mengatakan, pemerintahan Presiden AS Donald Trump telah mengevaluasi kembali bagaimana akan menangani Korea Utara.

Korea Utara menembakkan rudal ke laut lepas pantai Jepang dalam menanggapi latihan tahunan militer AS-Korea Selatan, yang dinilai oleh Pyongyang sebagai persiapan untuk perang.

Menurut Kantor Berita Kyodo, salah satu rudal jatuh lebih dekat dari sebelumnya, dari pantai Jepang, sekitar 200 km sebelah barat laut dari Noto Peninsula.

Sementara itu, Cina mendesak AS dan Korea Utara untuk menghindari “benturan”.

Tahun lalu, pemerintah Korea Utara telah menembakkan puluhan rudal dan melakukan dua dari lima tes nuklirnya yang melanggar resolusi PBB. (T/RI-1/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)