AS Undang Menlu China Wang Yi ke Washington

Menteri Luar Negeri China Wang Yi (Foto: AA)

Washington, MINA –   mengundang Menteri Luar Negeri China yang baru diangkat Wang Yi untuk kunjungan resmi ke Washington.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa (2/8), Washington memperpanjang undangan selama pertemuan pejabat Amerika dan China di ibukota.

Namun, belum ada tanggal yang dijadwalkan, kata Miller, menurut rincian dari jumpa pers.

Daniel Kritenbrink, Asisten Sekretaris AS untuk urusan Asia Timur dan Pasifik, pada hari Selasa bertemu di Washington dengan Yang Tao, Direktur Jenderal urusan Amerika Utara dan Oseania di Kementerian Luar Negeri China.

Pertukaran tingkat tinggi antara Washington dan Beijing telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir karena kedua negara membuat langkah nyata untuk menstabilkan hubungan bilateral.

Baca Juga:  Tokoh Kashmir Sebut PM Modi Sebarkan Kebencian untuk Kembali Berkuasa

“Kami menyampaikan undangan yang sebelumnya telah dibuat kepada Menteri Luar Negeri Qin Gang dan memperjelas bahwa undangan telah dikirimkan,” kata Miller.

Qin dicopot sebagai diplomat top China bulan lalu setelah beberapa pekan menghilang secara tidak biasa dari pandangan publik, menimbulkan pertanyaan tentang keberadaannya.

Beijing mengatakan dia tidak muncul karena “alasan kesehatan” tetapi telah mendorong kembali apa yang disebutnya “hype berbahaya” dari pemecatan Qin.

Qin diangkat menjadi menteri luar negeri Desember lalu, menggantikan Wang, yang diangkat sebagai direktur Kantor Komisi Urusan Luar Negeri Komite Sentral Partai Komunis China, posisi yang masih dipegangnya.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, Menteri Keuangan Janet Yellen, dan utusan iklim John Kerry adalah tiga pejabat tinggi AS yang telah mengunjungi Beijing dalam dua bulan terakhir. (T/R7/P2)

Baca Juga:  Polisi Delhi Ungkap Perdagangan Orang Rohingya dari Myanmar ke India dan Rusia

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.