ASDP Merak Antisipasi Lonjakan Pemudik di Malam Hari

Merak, Banten, MINA – PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Merak memprediksi lonjakan yang melintasi akan terjadi di malam hari sekitar jam 10 hingga menjelang Subuh.

General Manager ASDP cabang Merak Fahmi Alweni mengatakan, pada wartawan yang mengadakan peninjauan, Selasa (12/6), pihaknya sudah mengantisipasi lonjakan itu dengan menambah jumlah loket, membuat jalur khusus bagi yang memesan via online, hingga menyiapkan satu dermaga khusus motor.

“Kita prediksi akan terjadi lonjakan nanti malam. Tapi kita sudah antisipasi dengan loket sudah banyak, yang beli online juga disiapkan jalur khusus, dan khusus untuk motor kita sudah siapkan di dermaga enam,” kata Fahmi.

Fahmi menjelaskan, hal itu dilakukan agar para pemudik yang hendak melintas dari Jawa menuju Sumatera melalui Pelabuhan Merak tidak berantakan dan tidak bercampur.

ASDP cabang Merak sendiri sudah menambah sejumlah loket. Untuk loket penumpang dari sebelumnya hanya 5 loket, kini tersedia 31. Untuk loket kendaraan roda dua dari sebelumnya tersedia hanya 2 loket, kini sudah ada 30 loket.

“Sementara untuk loket kendaraan roda empat ke atas dari sebelumnya ada 8, kini sudah ada 17 loket yang tersebar. Juga ada loket khusus untuk pemudik yang memesan via online, sehingga tidak akan terlihat antrean panjang,” katanya.

Selain menambah jumlah loket yang tersedia, ASDP cabang Merak juga menjanjikan akan memberikan hadiah dua buah motor kepada pemudik yang beruntung.

“Hadiah ini khusus bagi pemudik yang melintas pada siang hari saja. Karena memang kita ingin agar tidak terjadi penumpukan di malam hari,” katanya.

Pantauan wartawan MINA di lokasi, di beberapa loket masuk ke Pelabuhan Merak pada H-3, baik loket khusus maupun loket penumpang, memang terlihat cukup sepi. Hanya sesekali terlihat mobil dan motor yang lewat. (L/R06/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)