ASIA-AFRIKA HARUS BULAT DUKUNG KEMERDEKAAN PALESTINA

Bendera peserta Asia Afrika. (aacc2015)
Bendera peserta Asia Afrika. (aacc2015)

, 1 Rajab 1436/20 April 2015 (MINA) – Negara-negara di kawasan Asia-Afrika  harus memiliki suara yang bulat untuk mendukung kemerdekaan .

Pengamat Politik Timur Tengah, Fahmi Salsabila mengatakan, negara di kawasan Asia-Afrika optimis mendukung penuh kemerdekaan Palestina.

“Meski hal itu terganjal negara-negara pemilik Hak Veto di PBB, kita memiliki suara yang banyak, di antaranya negara Asia-Afrika sendiri,” ujar Fahmi kepada Mi’raj Isalmic News Agency (MINA) di Jakarta, Senin (20/4).

Fahmi juga mengatakan menghilangkan Hak Veto memang masih sangat sulit, karena PBB dikuasai oleh negara besar yang memiliki pengaruh.

“Bagaimanapun kerasnya kita mendukung Palestina menjadi negara merdeka, kalau Amerika Serikat itu sendiri dan sekutunya memveto, semuanya akan sia-sia saja. Tetapi secara bulat dalam konferensi semua mendukung, minimal dalam dukungan Internasional dengan bantuan secara nyata,” katanya.

Sebaliknya, negara yang terhimpun di sebenarnya juga bisa melakukan upaya lain, seperti  terhadap Israel dan mengumpulkan suara penuh.

“Butuh upaya lebih keras dalam mendukung penuh kemerdekaan Palestina. Kalau itu bisa efektif, bersepakat tidak mau  berhubungan ekonomi dengan Israel. Sebenarnya Israel negara lemah yang hanya mengandalkan dukungan ekonomi  dari negara besar,” ujarnya.

Diungkapkan, perlawanan fisik rakyat Palestina selama ini tidak berhasil, karena Israel didukung oleh negara kuat di dunia. Dengan demikian, melalui perlawanan ekonomi diharapkan akan bisa jauh lebih efektif.

Fahmi menekankan, negara-negara Asia-Afrika jumlahnya cukup banyak. Sehingga bila bersepakat mendukung negara yang terjajah ingin merdeka, pasti akan berhasil. “Asal tegas, tidak plin plan,” imbuhnya. (L/P007/P4)

 

MI’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0