Asian Games 2023: Indonesia Lolos ke Babak Berikutnya Meski Kalah 0-1 dari Korea Utara

Ilustrasi: Ernando Ari menahan tendangan penalti pemain Vietnam di final Piala AFF U-23 (c) @TimnasIndonesia

Hangzhou, MINA – Kekalahan Indonesia 0-1 dari Korea Utara dalam laga penentuan Grup F cabor sepak bola putra Hangzhou, membuat Indonesia menempati peringkat tiga.

Namun, hasil dari pertandingan di grup lain, membuat Indonesia masuk ke dalam salah satu dari empat peringkat tiga terbaik dan lolos ke babak 16 besar.

Bertanding di Zhejiang Normal University East Stadium pada Ahad (24/9), pemain Korea Utara yang unggul dalam segi postur tubuh dan ketatnya pressing mereka, membuat skuad Garuda Muda yang dikapteni oleh Rizki Ridho kesulitan menciptakan peluang yang berbahaya.

Kemelut bola atas di depan gawang Arnando Ari pada menit ke-40, menciptakan peluang emas bagi lawan. Bola yang jatuh tepat di kaki Yu-song Kim yang berdiri bebas di depan gawang, membuat Ernando Ari tidak berdaya. Gawang Indonesia jebol. Skor 1-0 untuk Korea Utara.

Jelang waktu turun minum, gawang Indonesia kembali jebol. Namun, asisten wasit menyatakan posisi pemain Korea Utara offside terlebih dulu, sehingga gol kedua dianulir.

Pada babak kedua, Korea Utara langsung menekan pertahanan Indonesia. Penguasaan bola yang dominan dan tekanan yang berulang membuat Korea Utara berhasil mematikan kreativitas anak asuh pelatih Indra Sjafri.

Sejumlah pergantian pemain yang dilakukan oleh Indra Sjafri tidak mampu meningkatkan permainan Garuda Muda. Skor 1-0 untuk Korea Utara bertahan sampai pertandingan usai.

Sementara pada waktu yang sama, Kirgistan menang telak dari China Taipei dengan skor 4-1. Hasil itu membuat Indonesia menjadi peringkat tiga di Grup F. Secara hitung-hitungan, Indonesia masuk ke dalam salah satu dari empat peringkat tiga terbaik dan lolos ke babak berikutnya. (L/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)