Asian Games: Suriah Kalahkan Palestina 1-0

Bekasi, MINA – Timnas U-23 Suriah berhasil mengalahkan Timnas U-23 Palestina pada babak 16 besar Asian Games 2018 cabang olahraga sepakbola di Stadion Candrabhaga Bekasi, Kamis (23/8).

Gol kemenangan Suriah baru dicetak pada menit ke 73 lewat sundulan Ahmad Ashkar yang menerima umpan lambung Yousef Alhamwi. Selama pertandingan, kedua tim memperlihatkan permainan yang atraktif.

Jalannya Pertandingan

Palestina membuka peluang di menit ke 10. Mohamed Rashid melakukan tendangan jarak jauh. Namun pemain bernomor 3 itu masih bisa diamankan kiper Suriah.

Dua menit berselang, giliran armada Mohamad Al Fakeer memberikan ancaman. Melalui aksi individu Ahmad Al Ahmad, pemain 22 tahun itu menerobos sisi kanan pertahanan Palestina. Sayang tendangannya dari luar kotak pinalti mampu digagalkan pemain bertahan Palestina.

Ahmad kembali memberikan ancaman ke gawang Rami Hamada. Aksinya di menit ke 14 membuat lini belakang armada Sandouqa Ayman kerepotan. Beruntung bagi Palestina, tendangan Al Ahmad masih belum membuahkan gol.

Meski menguasai bola, Palestina belum mampu menembus kokohnya pertahanan Suriah.

Justru Suriah kembali memperoleh peluang emas di menit ke 23. Berawal dari aksi individu Mahmoud Albaheer di sisi kiri pertahanan Palestina, pemain bernomor punggung 7 itu memberikan umpan silang kepada Mohamed Anez.

Anez yang berada tepat di depan mulut gawang Palestina sempat mengecoh beberapa pemain belakang sebelum akhirnya mengakhiri aksinya dengan tendangan voli yang meluncur deras ke sisi kanan gawang.

Rami Hamada dengan cekatan melemparkan diri untuk mengamankan bola. Hamada berhasil menangkap bola. Palestina kembali aman dari serangan Suriah.

Tak mau terus digempur, Palestina gantian membuat lini belakang Suriah tak nyaman. Di menit ke 36, kerjasama apik Dabbagh Oday dengan Mohamed Darwish membuat Yousef Alhamwi cs hampir membuat kesalahan.

Darwish yang lepas kawalan para pemain belakang Suriah melakukan tendangan jarak jauh. Namun sayang bola hasil sepakannya hanya melayang tipis di atas mistar gawang Suriah.

Hingga 45 menit pertandingan, tak ada satu gol pun yang tercipta.

Babak Kedua

Di babak kedua, kubu Palestina melakukan pergantian pemain. Kiper Rami Hamada yang terlihat kesakitan di babak pertama harus digantikan Madnya Ahmad untuk mengisi pos penjaga gawang.

Pertandingan baru berjalan semenit, Suriah hampir mencetak gol pertamanya. Umpan satu dua antara Mohamed Al Marmour dengan Ahmad Al Ahmad di sisi kanan pertahanana Palestina cukup merepotkan lawan.

Al Ahmad yang tak terkawal dengan baik mengirim umpan matang ke depan mulut gawang Palestina. Abdulhadi Shalha yang berdiri di tengah kawalan dua pemain belakang Palestina mampu menyundul bola. Namun bola jatuh tepat dipelukan kiper. Skor masih 0-0.

Di babak kedua ini, Suriah terlihat lebih mendominasi jalannya pertandingan. Beberapa kali anak asuh Mohamed Al Fakeer mengancam gawang Palestina. Namun kokohnya pertahanan Palestina yang dimotori Abdellatif Albahdari masih mampu menetralisir kecepatan para penyerang Suriah.

Di menit ke 65, Suriah hampir saja memanfaatkan kesalahan pemain belakang Palestina. Berawal dari kordinasi kurang baik, Al Ahmad merebut bola yang kemudian melakukan aksi solo.

Pemain bertahan Palestina yang terlambat kembali ke area pertahanannya sendiri harus menghentikan lari Al Ahmad. Wasit tanpa ampun langsung memberikan kartu kuning kepada Sameh Maraaba.

Suriah akhirnya berhasil mencetak gol di menit ke 73. Berawal dari aksi Yousef Alhamwi di sisi kiri pertahanan Palestina, Alhamwi mampu memberikan umpan lambung ke dalam kotak pinalti Palestina.

Ahmad Ashkar yang berdiri bebas dari kawalan, langsung menyundul bola ke gawang. Madnya Ahmad sempat menangkis bola, sayang bola tetap meluncur deras masuk ke gawang. Skor 0-1 untuk Suriah.

Selepas gol tersebut, anak asuh Mohamed Al Fakeer semakin bernafsu menambah gol. Suriah terus menggempur pertahanan Palestina. Mereka tak ingin membiarkan Palestina mengembangkan permainannya.

Beberapa kali barisan penyerang Suriah merepotkan lini belakang Palestina.

Keasyikan menyerang, Palestina justru hampir menyamakan skor. Berawal dari kesalahan lini tengah Suriah, Darwish mampu merebut bola kemudian melakukan aksi solo.

Sempat melewati beberapa pemain bertahan Suriah, Darwish memberikan umpan kepada Shehab Qumbor. Pemain yang masuk di babak kedua itu langsung melepaskan tembakan. Sayang bola masih belum menemui sasaran.

Di menit-menit akhir, gantian Palestina melancarkan serangan bertubi-tubi. Aksi duet Darwish dan Qumbor beberapa kali membuat lini belakang Suriah kerepotan. Menit 89, Qumbor melakukan tendangan jarak jauh yang masih mampu dimentahkan kiper Suriah.

Di babak tambahan waktu, Palestina hampir menyamakan kedudukan andai tendangan keras Darwish tak membentur tiang gawang. Hingga wasit meniup peluit, skor tetap 0-1 untuk kemenangan Suriah.

Dengan kemenangan ini, maka Suriah berhak melaju ke babak selanjutnya. (L/R06/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.