Asrorun Ni’am: Agamawan Muda ASEAN sebagai Agen Moderasi Beragama

(Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asrorun Ni’am Sholeh secara resmi menutup kegiatan Youth Interfaith Camp () yang dilaksanakan di Jakarta selama tiga hari, mulai tanggal 13-15 Oktober 2020.

Asrorun Ni’am Sholeh dalam sambutan penutupannya menyampaikan, acara AYIC ini dilaksanakan untuk membangun komitmen kebersamaan di tengah perbedaan, membangun karakter beragama secara inklusif di tengah keterbukaan masyarakat. AYIC juga untuk membangun respek terhadap yang berbeda.

“Bersatu dan saling memahami sungguhpun kita berbeda agama, berbeda bangsa, tetapi kita diikat oleh persaudaraan sesama manusia” tegas Ni’am dalam penutupan AYIC, Kamis (15/10).

Lebih lanjut Ni’am menjelaskan,  AYIC sebagai salah satu ikhtiar untuk ajang perjumpaan antar pemuda di kawasan ASEAN, sehingga terbangun harmoni di tengah perbedaan.

Para peserta kegiatan AYIC berasal dari para muda di negara-negara ASEAN yg diharapkan akan tampil sebagai duta terkait toleransi, moderasi dan juga kerjasama antar umat beragama demi terwujudnya dunia yang damai dan harmoni.

“AYIC 2020  ini dilaksanakan sebagai wujud komitmen Indonesia untuk menebarkan semangat moderasi, membangun karakter keberagamaan yang inklusif dalam pergaulan masyarakat global yang semakin terbuka, AYIC bermanfaat saling respek terhadap yang berbeda, sungguhpun kita berbeda suku bangsa, tapi kita diikat oleh persaudaraan kemanusiaan,” ujar Ni’am.

Kegiatan AYIC yang keempat ini diselenggarakan secara daring. Kegiatan ini secara konsisten dilaksanakan setiap tahun oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia melalui Deputi bidang Pengembangan Pemuda sebagai bagian dari kegiatan resmi di tingkat ASEAN.

Tahun 2020 ini, AYIC ke 4 diikuti oleh sejumlah 51 delegasi pemuda dari  Negara ASEAN. Acara AYIC ini dibuka oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.(L/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.