ASSAD PUJI KESEPAKATAN NUKLIR IRAN SEBAGAI “KEMENANGAN BESAR”

Presiden Suriah Bashar Al-Assad menyebut kesepakatan nuklir Iran adalah kemenangan besar bagi Teheran. (Foto: dok. ARA News)
Presiden menyebut kesepakatan adalah kemenangan besar bagi Teheran. (Foto: dok. ARA News)

Damaskus, 28 Ramadhan 1436/15 Juli 2015 (MINA) – Presiden Suriah Bashar al-Assad menganggap kesepakatan nuklir dengan kekuatan dunia sebagai “kemenangan besar” bagi pemerintah Iran.

Assad mengirim pesan kepada Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, mengucapkan selamat kepadanya atas kesepakatan yang dicapai pada Selasa (14/7), ARA News yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Kami senang bahwa Republik Islam Iran telah mencapai kemenangan besar dengan mencapai kesepakatan ini,” kata Assad yang dikutip kantor berita Suriah SANA.

“Atas nama rakyat Suriah, saya mengucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Iran pada pencapaian bersejarah ini,” katanya.

Assad mengucapkan selamat kepada Pemerintah  Teheran atas kesepakatan itu yang menurutnya akan menjadi “titik balik besar dalam sejarah Iran, kawasan dan dunia”.

“Perjanjian ini memberikan pengakuan yang jelas dari kekuatan dunia atas sifat damai program nuklir Iran, sambil menjaga hak-hak nasional orang-orang Anda dan mengkonfirmasikan kedaulatan Republik Islam Iran,” kata Assad.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Suriah Walid Muallem juga menyambut perjanjian tersebut. Dia mengatakan, penting mengadopsi solusi diplomasi dan politik untuk menyelesaikan perselisihan internasional. (T/P001/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0