Australia akan Masukan Hamas dalam Daftar Organisasi Teroris

Canberra,MINA – Pemerintah akan memasukkan gerakan perlawanan Palestina, , sebagai organisasi teroris.

“Pandangan Hamas dan kelompok ekstremis kekerasan yang terdaftar hari ini sangat mengganggu, dan tidak ada tempat di Australia untuk ideologi kebencian mereka,” kata Menteri Dalam Negeri Australia Karen Andrews, MEMO melaporkan pada Kamis (17/2).

“Sangat penting bahwa undang-undang kita tidak hanya menargetkan tindakan teroris, tetapi juga organisasi yang merencanakan, membiayai, dan melakukan tindakan ini,” tambah Andrews.

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett menyambut baik perkembangan tersebut dan berterima kasih kepada mitranya dari Australia Scott Morrison “untuk menindaklanjuti dialog kami mengenai masalah penting ini.”

“Ini adalah langkah penting lainnya dalam perang global melawan terorisme,” cuit Bennett.

AS, Inggris, Uni Eropa dan Kanada sebelumnya telah memasukkan kelompok tersebut ke dalam daftar hitam, yang memenangkan pemilihan demokratis pada tahun 2006 dan memerintah Jalur Gaza yang terkepung.

Langkah tersebut telah menuai kritik tajam dari Jaringan Advokasi Palestina Australia (APAN), yang mengatakan “sangat tidak setuju” dengan proposal yang tidak melakukan apa pun untuk memajukan perdamaian, dan hanya akan menyebabkan lebih banyak penderitaan bagi 2 juta orang yang saat ini masih hidup di bawah blokade Israel selama 15 tahun.

“Pemerintah telah gagal dalam tugasnya mencari solusi damai dan telah menunjukkan bahwa mereka menerapkan satu set aturan untuk Palestina, dan satu lagi untuk Israel,” Uskup George Browning, Presiden kelompok itu, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Seluruh proses yang mengarah pada penunjukan ini telah dipimpin oleh mereka yang memiliki kekuatan politik untuk didorong, dengan hanya kelompok-kelompok pro-Israel yang dicari buktinya. Sekali lagi pemerintah ini telah menunjukkan bahwa ia tidak tertarik pada hak asasi manusia, atau penerapan hukum internasional,” tambahnya.

Australia mendaftarkan sayap militer Hamas Brigade Al-Qassam sebagai kelompok “teror” pada tahun 2003, tetapi penunjukan baru, yang akan mulai berlaku pada bulan April, akan mencantumkan organisasi tersebut secara keseluruhan, termasuk sayap politiknya.

Nasser Mashni, Wakil Presiden APAN, juga menyeru pemerintah Australia atas “pendekatannya yang bias terhadap Palestina.”

“Israel terus-menerus ditemukan sebagai negara apartheid oleh organisasi hak asasi manusia, kejahatan terhadap kemanusiaan, namun Palestina yang sekali lagi harus menderita dari kefanatikan yang ditargetkan ini,” katanya.

“Tidak heran warga Palestina-Australia menderita diskriminasi rasial jika pemerintah sendiri dengan senang hati memasang target di punggung kami,” ujarnya. (T/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.