Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Australia, Selandia Baru, dan Kanada Desak Gencatan Senjata di Gaza

Arina Islami Editor : Arif Ramdan - Sabtu, 27 Juli 2024 - 05:54 WIB

Sabtu, 27 Juli 2024 - 05:54 WIB

22 Views

Warga Melbourne, Australia melakukan protes pada 15 Oktober 2023 menentang serangan militer Israel di Gaza. [Foto: wsws.org]

Jakarta, MINA – Australia, Selandia Baru, dan Kanada telah menyerukan gencatan senjata segera di Gaza. Mereka menekankan bahwa meningkatnya ketegangan militer antara tentara Israel dan milisi Hizbullah Lebanon membuat gencatan senjata lebih mendesak.

Dalam pernyataan bersama pada Jumat (26/7), para pemimpin ketiga negara mengatakan “Israel harus mendengarkan kekhawatiran masyarakat internasional,” mengutip Pusat Informasi Palestina di Jakarta.

“Melindungi warga sipil merupakan hal yang sangat penting dan merupakan persyaratan mendasar menurut hukum humaniter internasional… Ini harus dihentikan,” tambah pernyataan itu.

Ketiga negara tersebut mendesak Zionis Israel untuk meminta pertanggungjawaban para pemukim ekstremis Yahudi atas tindakan kekerasan mereka yang terus-menerus terhadap warga Palestina dan membatalkan program permukiman ilegal mereka di Tepi Barat.

Baca Juga: Jamaah Ashabul Kahfi Australia Doa Bersama untuk Ulama Aceh Tu Sop

Menurut laporan Human Rights Watch yang dirilis pada Mei 2024, serangan pemukim di Tepi Barat telah menyebabkan pemindahan lebih dari 1.200 warga Palestina sejak dimulainya agresi di Gaza Oktober 2023.

Pernyataan bersama tersebut merupakan yang kedua sejak Februari lalu, menyerukan kepada Zionis Israel untuk menanggapi secara objektif pendapat penasihat Mahkamah Internasional (ICJ), yang memutuskan bahwa pendudukannya atas wilayah Palestina adalah ilegal.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Lima Orang Tewas Imbas Kekerasan Etnis di Manipur India

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Eropa
Indonesia
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia