Avtur Turun, Biaya Haji Diharapkan Ikut Turun

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Jakarta, 25 Rabi’ul Akhir 1437/4 Februari 2016 (MINA) – Anggota Panja Biaya Penyelenggaraan Ibadah (BPIH) Komisi VIII DPR RI Megawati mengatakan, tren penurunan harga (bahan bakar pesawat) diharapkan bisa ikut menurunkan ongkos naik haji bagi jamaah haji Indonesia.

“Harusnya, penurunan ongkos bisa signifikan sampai 20 persen. Intinya harus ada perubahan tarif yang  secara transparan dikalkulasikan ke publik, karena ini menyangkut kepentingan masyarakat,” kata Linda di sela-sela rapat Panja di Gedung Nusantara, Jakarta, Rabu (3/2), demikian siaran pers DPR RI yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Ia berharap, penurunan harga avtur harus selalu dikomunikasikan dengan untuk membuka ruang penurunan biaya haji. Naik turunnya harga avtur sangat berkorelasi dengan besaran biaya haji.

“Penurunan avtur ini masih harus disesuaikan dengan nilai tukar rupiah terhadap USD. PT. Pertamina pun seharusnya intens mengomunikasikan hal ini dengan Kementerian Agama,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam rapat Panja dengan Dirjen Perhubungan Darat dan Dirjen Perhubungan Udara, Komisi VIII mengusulkan biaya transportasi udara jamaah haji lebih rendah 24 persen dibanding haji 2015 seiring penurunan harga avtur.

Pada kesempatan lain, Linda juga mengomentari soal kompetensi para petugas haji yang direkrut Kemenag. Menurutnya, Kemenag harus menggelar semacam uji kelayakan dan kompetensi bagi para petugas haji.

“Mereka yang terpilih harus profesional dan mengerti penyelenggaran ibadah haji. Kita akan kaji ulang kualitas dan kuantitas petugas haji,” tegasnya.

Intinya, kata Linda, kalau bisa Kemenag membuat semacam fit and proper test, mana yang lebih berkompeten dan profesional sebagai petugas haji. Jangan asal pilih karena alasan punya kedekatan.

“Kita harus selektif dengan spesifikasi yang jelas. Ini menyangkut leader penyelenggaraan ibadah haji,” pungkasnya. (T/Rzk/P011/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA) 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.