AWG: 6.500 Peserta Ikut Ramaikan Pekan Solidaritas Palestina 2021

Ketua Presidium Aqsa Working Group (AWG) M. Anshorullah. (Foto: Abdullah/MINA)

Cileungsi, Kab. Bogor, MINA – Ketua Presidium Aqsa Working Group (AWG) M. Anshorullah mengatakan, peserta yang mengikuti rangkaian kegiatan Pekan Solidaritas Palestina (PSP) tahun 2021 diperkirakan lebih dari 6.500 orang di seluruh wilayah Indonesia.

“Kami ingin melaporkan bahwa kegiatan PSP ini dilakukan di seluruh cabang atau biro AWG di seluruh Indonesia bahkan di Palestina. Kami catat ikhwan akhwat semua total yang terlibat dalam kegiatan PSP 2021 selama satu bulan ini, lebih dari 6.500 orang, yang cinta pada Al Aqsa dan Palestina,” kata Anshorullah dalam laporannya pada acara penutupan PSP 2021 di Masjid At-Taqwa Cileungsi, Bogor, Senin (29/11) malam.

Ia mengatakan, di Indonesia AWG menyelenggarakan beberapa kegiatan antara lain, mengibarkan bendera di 10 gunung di Indonesia, selain itu Gowes Al-Aqsa dengan jarak total kurang lebih 300 KM di berbagai daerah, kemudian lomba-lomba di seluruh cabang Al-Fatah diberbagai wilayah yang diikuti ribuan santri dari mulai RA, TK, MI, MTs, dan MA, diselenggarakan juga Roadshow atau sosialisasi pentingnya Al-Aqsa dan menonton film-film yang berkaitan dengan Al-Aqsa dan Palestina.

“Kita juga selenggarakan kegiatan lain, seperti camp Cinta Al-Aqsa, pawai dan juga longmarch, sedangkan di Palestina juga kita selenggarakan bakti sosial, baksos dalam memperingati hari Solidaritas Palestina internasional, kita bagikan sembako senilai 35 USD satu paket, sebanyak 200 paket,” ujarnya.

Alasan diadakannya kegiatan PSP ini, kata Anshorullah, minimal ada dua alasan utama, pertama yaitu keagamaan bahwa Masjid Al Aqsa masih diduduki, masih terus dinodai Zionis Israel, dan alasan kedua yakni kemanusiaan. Bangsa Palestina adalah satu-satunya bangsa di muka bumi ini yang belum meraih kemerdekaannya secara sepenuhnya.

“Hari ini seluruh dunia yang anti penjajahan baik secara formal sebagai sebuah lembaga, sebuah negara, yang menentang penjajahan itu memperingati atau merayakan peringatan hari Solidaritas Palestina Internasional,” kata Anshorullah.

“Kita Aqsa Working Group, tidak hanya sehari memperingatinya, kita memperingati satu pekan, bahkan satu bulan penuh di Bulan November,” imbuhnya.

Ia menambahkan, hal itu dilaksanakan karena ingin menyampaikan pesan yang tegas dan keras kepada zionis Israel, bahwa umat Islam akan senantiasa berdiri, menantang penjajahan Israel atas Al Aqsa dan Palestina. “Ini akan kita terus menerus lakukan,” tegasnya.

Anshorullah berharap, Pekan Solidaritas Palestina di tahun berikutnya akan menjadi lebih baik dari tahun ini.

Pekan Solidaritas Palestina (PSP) merupakan acara tahunan yang diinisiasi oleh Aqsa Working Group (AWG) dalam rangka mendukung pembebasan Masjidil Aqsa dan kemerdekaan Palestina. Tahun ini, mengangkat tema “Bergerak Berjama’ah Bebaskan Al-Aqsha dan Palestina,” yang digelar pada 22-29 November 2021.

Aqsa Working Group (AWG) adalah lembaga yang dibentuk dalam rangka mewadahi dan mengelola upaya kaum Muslimin untuk mendukung Masjid Al-Aqsa dan membantu perjuangan rakyat Palestina.

AWG didirikan oleh komponen umat yang hadir dalam Al-Aqsha International Conference yang diselenggarakan di Wisma Antara Jakarta pada tanggal 20 Sya’ban 1429H/ 21 Agustus 2008 di Jakarta. (L/R6/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.