AWG Akan Kirim Hewan Qurban Ke Ummat di Negara-negara Lain

Cileungsi, Kabupaten Bogor, MINA – Al-Aqsa Working Group () akan mengirimkan Qurban Qlobal Al Jamaah ke pada ummat di berbagai negara.

Hal ini disampaikan Agus Sudarmaji, Ketua Umum AWG di Pondok Pesantren Al-Fatah, Pasirangin, Cileungsi, Bogor, Selasa (15/7). “Saudara-saudara muslim yang menjadi titik sasaran untuk pengiriman Qurban Idul Adha diantaranya Filipina Utara maupun Selatan, Palestina, Sudan dan Myanmar untuk para pengungsi Rohingya,” kata Agus.

Sementara untuk dalam negeri Indonesia, qurban akan dikirimkan ke daerah-daerah di bawah garis kemiskinan serta daerah rawan pemurtadan.

“Pengiriman qurban sudah dilakukan setiap Idul Adha selama 4-5 tahun terakhir, dan akan diperluas ke beberapa negara miskin terutama Afrika,” ungkap Agus.

Dia juga menjelaskan, dalam pengiriman qurban pihaknya masih sangat tergantung akses, kalau di Sudan kita sudah mempunyai akses  sementara di Afrika belum ada. Sementara di Palestina, Filipina dan Myanmar sudah memiliki akses.

“Untuk Palestina, akan dikirim ke Gaza, akses sangat mudah karena di sana ada Ikhwan-ikhwan kita yang sedang beramal sholeh meneruskan pembangunan Rumah Sakit Indonesia,” terangnya.

“Untuk jumlah hewan kita tergetkan 10 ekor kambing, dan jika ada yang berkeinginan untuk memberikan qurban sapi kami terima,” imbuhnya.

Insyaallah pengiriman akan dilakukan pada H-3,” jelas dia.

Ia mengatakan,   AWG  menebarkan yang sudah dilakukan selama 5 tahun terakhir.

“Islam adalah Rahmatan Lil Al-Amin maka kami mengajak lembaga kemanusiaan untuk bersama-sama bantu daerah-daerah yang sulit mendapatkan ,” kata Agus.

Di segi lain ia prihatin ada sebagaian hewan qurban yang tidak didistribusikan kepada yang membutuhkan hingga membusuk.

“Jika memandang Islam ada Rahmatan Lil Al-Amin maka tidak akan membiarkan hewan qurban membusuk. Kita mengirimkan promosi dan sosialisasi bagi umat Islam yang ingin berqurban ke negara- negara muslim,” ujarnya. (L/R03/P1)

Mi’raj News Agency MINA