AWG dan DMI Kota Kupang Galang Donasi Untuk Pengungsi Suriah

Kupang, MINA – Lembaga Kemanusiaan dan Kepalestinaan Aqsa Working Group (AWG) Perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Kupang menggalang donasi untuk anak-anak pengungsi Suriah di Kamp pengungsian di Turki.

Menurut Ketua AWG NTT berpusat di Kupang, Ardansyah, kegiatan dilaksanakan untuk menggugah warga ikut serta membahagiakan anak-anak pengungsi Suriah yang ditampung di salah satu kamp pengungsian di Turki.

Dalam program “Senyum 1000 Roti” untuk anak-anak Suriah ini, ia menggerakkan program meningat Turki dan sekitarnya sekarang memasuki musim dingin.

“Mereka pasti memerlukan bahan makanan seperti roti,” ujarnya kepada Kantor Berita Islam MINA.

Bantuan itu seberapapun sangat dibutuhkan oleh para pengungsi yang menempati tenda-tenda darurat yang disediakan oleh pemerintah Turki, di samping yang sudah difasilitasi pemerintah di sana.

“Kami mencoba berempati dan mengajak warga Kota Kupang khususnya untuk juga peduli kepada anak-anak yang tinggal di barak-barak pengungsian”, imbuh Ardansyah yang juga aktif sebagai ketua Bidang Sosial Kemasyarakatan DMI Kota Kupang.

“Membantu mereka juga merupakan bagian dari melaksanakan amanat Undang-Undang Dasar 1945 yakni ikut menjaga ketertiban dunia dan perdamaian abadi,” lanjutnya.

Ia juga mengucapkan berterima kasih kepada warga muslim dan masjid-masjid yang sudah berpartisipasi dan mensukseskan program kemanusiaan ini.

Ketua DMI Kota Kupang, Mochsen Thalib, mengatakan, kalau ada istilah memakmurkan masjid, maka dalam hal pelayanan kepada umat dan penyantunan pada kaum dhuafa maka kita harus bisa menerapkan konsep masjid memakmurkan umat.

“Sebagai takmir atau pengurus masjid marilah kita peduli juga terhadap fenomena sosial yang ada di sekitar kita,” ujarnya.

Donasi bantuan, tahap pertama Rp1,5 juta dan tahap kedua Rp 2 juta ke tempat yang sama, yang dikirim langsung melalui perwakilan mahasiswa di sana.

Sementara itu, Khalid mahasiswa relawan asal Suriah yang sekaligus melanjutkan kuliah di Turki dari lokasi pengungsian melaporkan, langsung menyalurkan bantuan ke kamp pengungsian dalam bentuk makanan pokok roti.

“Terima kasih yang teramat dalam kepada warga muslim di kota Kupang Indonesia yang peduli dan mau berbagi kebahagiaan,” ujarnya melalui akun media sosial

“Saudara kami di Indonesia, kami mendoakan kebaikan dan keselamatan bagi Anda semua. Terima kasih kepada para dermawan. Allah sebaik-baik yang akan memberi balasan kebaikan bagi Anda semua,” lanjutnya.

Bagi para dermawan yang ingin membantu dan berkontribusi dalam program “Senyum Seribu Roti” untuk anak-anak Suriah di pengungsian, dapat mengirimkan donasinya melalui Rekening Bank Muamalat 7610020824 a.n Ardansyah, Ketua AWG NTT, serta konfirmasi dan informasi dapat menghubungi Kontak Person 082146483080. (L/Ard/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)