AWG, Mae-C Jabar Gelar Aksi Peringati 76 Tahun Nakba

Aqsa Working Group (AWG) dan Maemuna Center (Mae_C) Biro Jawa Barat melaksanakan aksi damai memperingati 76 tahun Hari Nakba, di Kota Bandung, Jumat, 17 Mei 2024.(Foto: AWG)

Bandung, MINA – Lembaga kemanusiaan yang fokus pada perjuangan Palestina dan Masjid Al-Aqsa, Aqsa Working Group (AWG) dan Maemuna Center (Mae_C) Biro Jawa Barat melaksanakan aksi damai memperingati 76 tahun Hari Nakba, di Kota Bandung, Jumat (17/5).

Aksi tersebut digelar di kawasan lampu merah Cikapayang, Jalan H. Djuanda, Bandung, usai shalat Jumat.

Aksi dimulai pukul 13.00 WIB dengan melakukan long march start dari SMA Alfa Centauri dan finish di lampu merah Cikapayang.

Peserta aksi mengenakan pakaian hitam putih dilengkapi dengan atribut Palestina seperti bendera, kefiyeh, syal, dan jilbab dengan corak bendera Palestina, juga poster-poster berisikan peringatan Hari Nakba dan dukungan atas Kemerdekaan Palestina.

Baca Juga:  Mandla Mandela Serukan Boikot Israel Pada Olimpiade Paris 2024

Pembina AWG Jabar, Munif Nasir, dalam orasinya mengatakan, aksi solidaritas ini perihal hati nurani bukan hanya karena sesama Muslim, tapi juga dari hati nurani kemanusiaan.

“Kita harus ajak manusia dengan hati juga, lakukan aksi-aksi dengan perilaku yang mencerminkan hati yang baik, tidak berbicara kasar juga tidak bertindak kasar,” ujarnya, pada akhir penutupan aksi di Taman Dago, Bandung.

Tampil beberapa orator, di antaranya: Agus Rustandi (Amir Dakwah Wilayah Jabar), Yusuf Ibrahim (Koordinator Syubban Jabar), Ali Rinaldi (Pengurus AWG Biro Jabar), Ummi Aminah (Koordinator Mae-C Biro Jabar), dan Urfa Kaida (Koordinator Fatayat Bandung Selatan).

Dalam orasinya, mereka menyuarakan informasi tentang Hari Nakba, keberpihakan kepada Palestina dan mengajak warga untuk terus menyuarakan kemerdekaan Bangsa Palestina.

Baca Juga:  BRIN Jadi Tuan Rumah Pertemuan Antarpemerintah Se-Asia Pasifik

Para peserta aksi juga membagikan pernyataan sikap AWG dan Mae-C yang menyoroti situasi terkini di Palestina, khususnya Jalur Gaza. []

 

Mi’raj News Agency (MINA)