AWG Jadwalkan Pekan Solidaritas Palestina di Bulan November

Cileungsi, Kabupaten Bogor, MINA – Lembaga kemanusiaan yang konsen dalam pembebasan Masjid Al-Aqsa dan kemerdekaan Palestina, Aqsa Working Group () akan menggelar pada 22-29 November 2021.

“Terdapat beberapa peristiwa bersejarah terkait isu Palestina yang terjadi pada November. Pada 2 November, misalnya, Palestina memperingati lahirnya Deklarasi Balfour,” kata Ketua Presidium AWG M. Anshorullah dalam keterangannya yang diterima MINA, Kamis (28/10).

Deklarasi Balfour, kata Anshorullah, merupakan sebuah pernyataan publik yang ditandatangani dan dipublikasikan menteri luar negeri Inggris James Arthur Balfour pada 2 November 1917. Deklarasi itu membuka jalan bagi Zionis mendeklarasikan Negara Israel pada 1948.

Anshorullah mengatakan, pada 11 November, rakyat Palestina juga memperingati wafatnya mantan presiden Palestina Yasser Arafat. Pada 12 November kemudian menjadi konsensus internasional sebagai hari kemerdekaan Palestina. Sedangkan 29 November adalah Hari Solidaritas Palestina Internasional yang ditetapkan PBB.

“Kami ingin memulai, khususnya di Indonesia, menyelenggarakan Pekan Solidaritas Palestina pada November setiap tahun,” ujarnya.

AWG berharap kegiatan pekan solidaritas Palestina ini dapat diselenggarakan rutin setiap tahun.

Anshorullah mengatakan, di pekan Solidaritas Palestina, AWG akan mengadakan beberapa kegiatan. Satu di antaranya adalah menggelar sarasehan dengan mengundang tokoh-tokoh serta lembaga swadaya masyarakat lintas-agama yang pro-Palestina.

Aqsa Working Group (AWG) adalah lembaga yang dibentuk dalam rangka mewadahi dan mengelola upaya kaum Muslimin untuk pembebasan Masjid Al-Aqsa dan membantu perjuangan rakyat Palestina.

AWG didirikan oleh komponen umat yang hadir dalam Al-Aqsha International Conference yang diselenggarakan di Wisma Antara pada tanggal 20 Sya’ban 1429H/ 21 Agustus 2008 di Jakarta. (R/R6/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.