AWG NTT Salurkan Paket Sembako Korban Gunung Ile Lewotolok

Lembata, Nusa Tenggara Timur,  – Untuk kali kedua lembaga Kemanusiaan Aqsa Working Group (AWG), melalui perwakilannya di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyalurkan bantuan sembako untuk korban Bencana letusan Gunung Ile Lewotolok, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, NTT.

“Kali ini team dan relawan AWG diterjunkan membantu korban erupsi Gunung Lewotolok,” kata Ardansyah, Ketua AWG Kupang NTT kepada MINA, Selasa (1/12).

Ia menjelaskan, Tim AWG NTT langsung bergerak cepat membuka Dapur Umum Peduli Korban Erupsi Lewotolok. Sebanyak 106 bungkus nasi telah dibagikan relawan AWG ke tenda posko umum bantuan sudah cukup memadai.

Erupsi terjadi semenjak pekan lalu dalam skala kecil, kemudian membesar yang mengakibatkan 9 warga desa di Kecamatan Ile Ape Timur dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

“Erupsi menyebabkan hujan pasir, dan warga menjadi panik meninggalkan ternak peliharaan dan rumah mereka,” ujar Ardan.

Bahkan, kata Ardansyah, ada warga yang hanya membawa pakaian di badan saja, nyaris tanpa bekal apapun.

“Ribuan warga mengungsi, sebagian ditampung pada Camp-camp pengungsian di Kantor Bupati Ile Ape, dengan tenda yang disediakan pemerintah setempat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” katanya.

Sebagian lain memencar mengungsi ke desa-desa sekitar yang jauh lebih aman.  T

“Warga saat ini, sangat memerlukan bahan makanan siap saji (nasi bungkus, roti atau semisalnya), bahan sembako, pakaian, masker dan alas tidur (tikar, selimut, bantal dan lainnya),” ujar Ardansyah.

“Sebaran pengungsi yang tidak terpantau dan tidak tersentuh bantuan lebih banyak di area perkebunan ada di atas bukit Al-Muhajirun, data yang kami peroleh sekitar 2000-an orang y)mereka berada di pondok-pondok kecil,” kata Ardansyah.

Satu pondok tertampung kurang lebih 10-15 orang yang tentunya mereka sangat membutuhkan bantuan bahan makanan, sembako, tikar, air minum dan lainnya.

Kepada para dermawan yang terketuk hatinya dan ingin meringankan derita warga Lembata akibat Erupsi Gunung Lewotolok dapat disalurkan melalui nomor rekening bank Muamalat 7610020824 a.n Ardansyah kode bank 147.

Untuk informasi dan konfirmasi transfer bisa menghubungi Ketua AWG NTT Ardansyah di 082146483080 atau Rahman Langoday 081364605211. (L/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)