AWG: Pengibaran Bendera Palestina di Puncak Gunung Jadi Event Tahunan

Sebanyak 35 pendaki berhasil melakukan pendakian dan melaksanakan pengibaran bendera Indonesia dan Palestina di puncak Gunung Galunggung Tasikmalaya, Senin pagi (15/11/2021).(Foto: Istimewa)

Kabupaten Tasikmalaya, MINA – Sekretaris Jendral Aqsa Working Group () Subhan Amier Chaf menyatakan, agenda kegiatan Pekan Solidaritas yang di dalamnya termasuk kegiatan Gowes Al-Aqsa dan Pengibaran Bendera Palestina di Puncak Gunung akan menjadi lembaga tersebut.

Subhan mengatakan Senin sore (15/11) dalam penutupan misi pengibaran Bendera Palestina puncak Gunung Galunggung Tasikmalaya, yang diikuti oleh seluruh peserta Pendaki dari berbagai daerah, pengurus AWG Pusat dan AWG Jabar, di Masjid Al-Fatah, Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya.

“Semoga dengan kegiatan-kegiatan kita laksanakan ini para pesepeda dan pendaki yang tangguh akan melaksanakan gowes langsung dari Indonesia ke Palestina dan mengibarkan bendera Indonesia-Palestina di menara Masjid Al-Aqsa,” imbuhnya.

Sebanyak 35 pendaki dari berbagai daerah di Jawa Barat melakukan pendakian dan melaksanakan pengibaran bendera Indonesia dan Palestina di puncak Gunung Galunggung Tasikmalaya, mulai Ahad pagi (14/11). Para pendaki terlibat kegiatan ini dari AWG biro Jawa Barat, Majelis Syubban Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Jawa Barat, dan Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) Jawa Barat.

Bendera Palestina yang diterima dari Pembina AWG Imaam Yakhsyallah Mansur itu, bersama bendera Republik Indonesia dan bendera Panji AWG dapat dikibarkan di Puncak tertinggi di Gunung Galunggung ada pada ketinggian 2.168 meter di atas permukaan laut (mdpl), pada Senin pagi (15/11).

Sebelumnya bendera Indonesia dan Palestina dibawa oleh lebih 50 pesepeda peserta Gowes Al-Aqsa, Sabtu (13/11), yang menempuh perjalanan sekitar 115 km, dimulai dari Masjid Pusdai Bandung hingga Desa Lingga Wangi, Kecamatan Leuwi Sari, Kabupaten Tasikmalaya.

Subhan mengatakan ada beberapa langkah untuk mendukung perjuangan pembebasan Al-Aqsa Palestina, yakni memberikan pertolongan bantuan kemanusiaan berupa harta benda hingga doa untuk rakyat Palestina yang tengah berjuang mewujudkan kemerdekaan negaranya.

“AWG adalah lembaga yang komitmen memberikan bantuan kemanusiaan 100 persen langsung kepada rakyat Palestina di sana,” tegasnya.

Subhan juga menyampaikan bahwa kegiatan pengibaran Gowes Al-Aqsa dan pengibaran bendera Palestina di Indonesia sudah tersampaikan langsung kepada warga Palestina.

Tokoh masyarakat sekaligus pimpinan Jama’ah Muslimin (Hizbullah) di Kabupaten Tasikmalaya Ade Taqiyudin mengungkapkan apresiasi dan terima kasih kepada panitia penyelenggara dan tim pendaki yang telah mendukung berjalannya acara ini.

“InsyaaAlloh perjuangan para ikhwan semacam ini tidak sia-sia di sisi Alloh. Mungkin hari ini kita baru bisa menancapkan bendera Palestina di puncak Galunggung tapi insyaaAlloh di lain waktu kita bisa menancapkan bendera Palestina di puncak menara Masjid Al-Aqsa,” ujarnya.

Koordinator peserta pedaki dari berbagai daerah Fitra Yuda Sana menyampaikan kesan dan pesan selama menjalankan misi pengibaran bendera Indonesia dan Palestina.

Dia mengungkapkan misi pendakian dan pengibaran bendera di puncak gunung ini sangat menantang karena pertama kalinya mendaki dan trek serta cuacanya yang cukup ekstrim. Yuda juga merasa bersyukur bisa ikut serta dalam bagian dari perjuangan pembebasan Masjid Al-Aqsa dan Palestina.

“Sangat Bahagia karena ini juga menjadi ajang silaturahim, dapat meningkatkan giroh perjuangan kita dan jika ada lagi kegiatan seperti ini akan ikut lagi,” tuturnya.

Yuda pun merasa terharu karena dari sekian banyak peserta ada yang paling tua yakni Bapak Basir berusia 59 tahun yang dengan gigih dan semangatnya mendaki hingga puncak gunung.

Acara penutupan ditutup dengan penyerahan bendera Indonesia, Palestina, dan panji AWG dari peserta Pendaki kepada pimpinan AWG Pusat.

Selian di puncak Gunung Galunggung, AWG juga mengadakan kegiatan pengibaran bendera Indonesia dan Palestina di empat puncak gunung di tiga provinsi Indonesia, yaitu, Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan, Gunung Cikuray, Kabupaten Garut, Gunung Sikunir Dieng Kabupaten Wonosobo, dan Gunung Dempo, Kota Pagaralam.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian Pekan Solidaritas Palestina (PSP2021), menyambut seruan PBB yang menetapkan tanggal 29 November menjadi hari Solidaritas Internasional untuk Palestina.

Aqsa Working Group (AWG) menggelar Pekan Solidaritas Palestina Internasional pada 22-29 November 2021 yang merupakan acara tahunan dalam rangka mendukung pembebasan Masjidil Aqsa dan kemerdekaan Palestina.

Tahun ini, mengangkat tema “Bergerak Berjama’ah Bebaskan Al-Aqsha dan Palestina,” selain Gowes Al-Aqsha, dan pengibaran bendera Palestina di puncak gunung, AWG juga akan menggelar peluncuran buku “Pembebasan Masjidil Aqsha Kewajiban Seluruh Umat Islam”, pameran foto, Talkshow Millenial Peacemaker Forum, Roadshow Film Palestina.

Aqsa Working Group (AWG) adalah lembaga yang dibentuk dalam rangka mewadahi dan mengelola upaya kaum Muslimin untuk pembebasan Masjid Al-Aqsa dan membantu perjuangan rakyat Palestina.

AWG didirikan oleh komponen umat yang hadir dalam Al-Aqsha International Conference yang diselenggarakan di Wisma Antara Jakarta pada tanggal 20 Sya’ban 1429H/ 21 Agustus 2008. (L/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)