Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

AWG Tawarkan Berkurban di Gaza Lewat Mesir dan India

Arina Islami - Senin, 20 Mei 2024 - 04:23 WIB

Senin, 20 Mei 2024 - 04:23 WIB

2 Views

Jakarta, MINA – Lembaga kepalestinaan Aqsa Working Group (AWG) menawarkan kepada masyarakat Indonesia untuk berkurban di Gaza dengan membeli sapi di Mesir dan India.

Kepala Bidang Wakaf dan Pendanaan (Wapenda) AWG, Nita Nurhayati mengatakan hal itu dalam webinar sosialisasi program Global Qurban AWG di kanal YouTube Al Jamaah TV, Ahad (19/5) malam.

“Kami juga memberi opsi untuk membeli hewan kurban di Mesir dan India karena kondisi Palestina yang saat ini sedang diblokade jadi stok hewan kurban sangat sedikit, dan kalaupun ada pun harganya sangat tinggi,” kata Nita.

Nita mengatakan, harga hewan kurban di dua negara itu lebih terjangkau daripada di Palestina, sehingga dapat menjadi alternatif pembelian hewan kurban.

Baca Juga: Israel Perpanjang Penutupan Media Al-Jazeera di Palestina

Ia menjelaskan, sapi yang dibeli di Mesir akan disembelih di sana, lalu didistribusikan ke Gaza dalam bentuk potongan daging yang telah didinginkan.

“Jadi daging sapi dari Mesir seharga Rp 4.500.000 per orang dan satu ekor sapi bisa untuk tujuh shohibul qurban (orang yang berkurban). Kemudian waktu pengirimannya itu dibutuhkan sekitar 15 sampai 25 hari untuk tiba di Gaza,” jelasnya.

Dengan demikian, harga satu ekor sapi di di Mesir ialah Rp 31.500.000. Harga ini jauh lebih murah dibandingkan harga sapi di Palestina.

Mengutip keterangan tertulis AWG, harga satu ekor sapi di Palestina tahun ini mencapai Rp 59.500.000, dengan berat 420 kilogram. Sehingga, masing-masing shohibul qurban harus mengeluarkan dana sebesar Rp 8.500.000.

Baca Juga: Australia, Selandia Baru, dan Kanada Desak Gencatan Senjata di Gaza

“Mengenai berkurban di Palestina, di hari yang sama juga kita potong dan akan langsung dibagikan kepada para pengungsi yang paling membutuhkan.

Sementara untuk kurban kambing atau domba di Palestina harganya Rp 10.800.000, dengan berat 50 kilogram, katanya, .

“Hingga hari ini, Ahad 19 Mei, alhamdulillah telah siap satu ekor sapi kurban gabungan dari tujuh shohibul qurban dan sudah ada lima shohibul qurban yang mendaftar namun masih kurang dua orang. Jadi masih ada kesempatan untuk diisi para sohibul kurban sehingga bisa lengkap menjadi tujuh orang untuk membeli satu ekor sapi lagi,” ucapnya.

Adapun untuk berkurban sapi dari India, Nita mengatakan, teknisnya sama dengan berkurban dari Mesir. Namun untuk sampai ke Gaza, membutuhkan waktu lebih lama yaitu 45-55 hari.

Baca Juga: Sebanyak 35.000 Warga Palestina Shalat Jumat di Masjid Al Aqsa

Kendati demikian, harga sapi di India lebih murah jika dibandingkan dengan Mesir dan Palestina.

“Di India ini harga sapinya dibagi tujuh shohibul qurban masing-masing adalah Rp 2.800.000,” tuturnya.

Nita menyampaikan, sapi yang dibeli dari India akan dibagikan kepada masyarakat Gaza dalam bentuk daging beku dan kalengan.

Sebelumnya, Ketua Presidium AWG, Nur Ikhwan Abadi mengajak seluruh umat Islam di Indonesia untuk mengambil bagian dalam program bernama “Global Qurban AWG” yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun.

Baca Juga: Pasukan dan Tank Israel Kembali Merangsek Masuk Gaza Selatan

“Diserukan kepada umat Islam yang ingin membantu Gaza atau Al-Quds (Yerusalem), membantu Palestina untuk bisa berkurban tahun ini di Palestina karena situasi di sana memang sangat membutuhkan,” katanya, Rabu (15/5).

Terlebih, sambung Nur Ikhwan, apa yang sedang terjadi di Gaza berpengaruh pada situasi di seluruh Palestina, bukan hanya di Gaza saja tapi juga di Al-Quds dan Tepi Barat.

“Maka kami menyerukan kepada umat Islam agar perhatiannya di kurban kali ini ditujukan pada Palestina. Mudah-mudahan amal sholeh ikhwan akhwat di seluruh Indonesia bisa diterima oleh Allah karena saat ini merekalah (Palestina) yang paling terzalimi di muka bumi ini, maka ini kewajiban kita membantu mereka,” ujarnya.

Dalam keterangan poster “Global Qurban AWG” itu juga tercantum kalimat ajakan untuk meraih keberkahan Idul Adha dengan berkurban untuk Palestina.

Baca Juga: Relawan MER-C Akhirnya Capai RS Indonesia di Gaza Utara

“Hari Raya Idul Adha 1445 sebentar lagi… Mari bersama meraih keberkahan berqurban di Negeri Palestina, Bumi Para Nabi, Tanah Para Syuhada,” bunyi caption di akun Instagram @aqsaworkinggroup.

Cara membayar atau mencicilnya bisa melalui rekening BSI 7251305123 a.n Tabungan Qurban AWG. Sementara untuk informasi dan konfirmasi dapat menghubungi Sdr. Tawakal di nomor 0857-1955-8720. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Houthi Yaman: Serangan Israel Tak Dapat Cegah Operasi Kami

Rekomendasi untuk Anda

Dunia Islam
Palestina
Palestina