Azerbaijan-Armenia Capai Gencatan Senjata Mulai Senin

Baku, MINA – Azerbaijan dan Armenia telah menyepakati gencatan senjata kemanusiaan yang berlaku mulai Senin (26/10) pagi, setelah berantakannya gencatan senjata sebelumnya.

Menurut pernyataan bersama kedua negara dan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS), gencatan senjata kemanusiaan mulai berlaku pada 26 Oktober pukul 08.00 pagi waktu setempat, demikian Anadolu Agency melaporkan, Senin (26/10).

Pernyataan itu mengatakan Wakil Menteri Luar Negeri AS Stephen Biegun bertemu dengan Menteri Luar Negeri Armenia Zohrab Mnatsakanyan dan Menteri Luar Negeri Azerbaijan Jeyhun Bayramov pada 24 Oktober.

Kedua negara menegaskan kembali komitmen mereka untuk menerapkan dan mematuhi gencatan senjata kemanusiaan yang disepakati di Moskow pada 10 Oktober.

“Amerika Serikat memfasilitasi negosiasi intensif di antara para Menteri Luar Negeri dan Ketua Bersama Grup Minsk untuk membawa Armenia dan Azerbaijan lebih dekat ke resolusi damai konflik Nagorno-Karabakh,” tambah pernyataan itu.

OSCE Minsk Group adalah organisasi trilateral yang diketuai bersama oleh Prancis, AS, dan Rusia yang dibentuk pada 1992 untuk menemukan solusi damai atas konflik tersebut. (T/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)