Baca Doa Ini Tiap Hari, Semua Masalah Akan Menjadi Mudah

Doa menghadapi masalah (Foto: Zaenal MINA)

Oleh, Zaenal Muttaqin, wartawan dan Biro Kantor Berita MINA di Jawa Tengah

Hidup adalah perjalanan yang penuh dengan tantangan dan rintangan. Sepanjang hidup, kita akan selalu menghadapi atau problem yang menguji ketangguhan iman dan kreativitas kita. Masalah dapat muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari persoalan pribadi, keluarga, kesehatan, hubungan dengan orang lain, dan banyak aspek lainnya.

Penting untuk diingat bahwa masalah adalah bagian alami dari kehidupan manusia. Bahkan masalah seringkali menjadi peluang untuk tumbuh dan belajar, serta untuk mengembangkan kemampuan penyelesaian masalah yang lebih baik.

Dengan menghadapi masalah, kita memiliki kesempatan untuk mengasah keterampilan adaptasi dan kemampuan untuk berpikir secara kreatif guna mencari solusi yang efektif.

Baca Juga:  Al-Fatah Rescue Beri Pembekalan Bantuan Hidup Dasar di SDI As-Shafa Depok

Kadang-kadang, masalah juga bisa menjadi cambuk untuk memotivasi kita meraih tujuan lebih tinggi. Masalah bisa jadi dapat membangun ketahanan mental, mengajarkan kesabaran, dan membantu kita mengembangkan perspektif yang lebih luas terhadap kehidupan.

Meskipun seringkali menghadapi masalah itu sulit dan menantang, namun kemampuan untuk tetap tenang, positif, dan gigih dapat membantu kita mengatasi hambatan-hambatan tersebut.

Hal yang penting dan harus dalam setiap menghadapi hendaknya selalu meyerahkan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Sebab, Dia-lah yang menentukan dan mengatur segala sesuatu. Tidak ada sesuatu pun yang terjadi kecuali atas kehendak dan izin-Nya.

Disebutkan dalam sebuah sebuah riwayat bahwa suatu ketika sahabat Abu Darda mengadu kepada Rasulullah shalallahu alaihi wasalam, bahwa hidupnya selalu mengahadapi problem atau masalah yang rumit.

Baca Juga:  Gaza Bantah AS dan Israel tentang Peningkatan Bantuan Kemanusiaan

Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memberikan nasihat kepada Abu Darda dengan membacakan ayat Al-Qur’an Surat At-Taubah ayat 129:

فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ

Artinya: “Jika mereka berpaling (dari keimanan) maka katakanlah “Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arasy yang agung.”

Setelah mendapat nasihat tersebut, Abu Darda selalu membaca:

حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ

Artinya: Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arasy yang agung.

Baca Juga:  Profesor di Washington Masuk RS usai Dipukul Polisi saat Demo Pro-Palestina

Membacanya sebanyak tujuh kali setiap pagi dan sore hari dan sejak itu Abu Darda setiap menghadapi problem tak pernah lagi gelisah.

Imam Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya, ketika menjelaskan ayat 129 Surat At-Taubah juga menukilkan dari Abu Darda yang mengatakan, “Barang siapa yang mengucap­kan kalimat berikut di saat pagi dan petang hari sebanyak tujuh kali, niscaya Allah akan memberinya kecukupan dari apa yang menyusahkan­nya,” yaitu:

حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ

Kemudian Abu Darda berkata, bahwa tidak sekali-kali seorang hamba mengucapkan kalimat tersebut sebanyak tujuh kali, baik ia membenarkannya ataupun berdusta melainkan Allah memberinya kecukupan dari apa yang menyusah­kannya. Allahu a’lam. (A/B04/P2)

Mi’raj News Agency (MINA) 

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.