Badan SAR Ambon Gelar Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan

Ambon, MINA – Badan SAR Nasional tingkat daerah Ambon menggelar Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) Ambon di Aula Kamari Hotel, pada Kamis (01/08).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon, Mustari mengatakan, FKP3 tingkat daerah ini sesuai dengan amanat peraturan pemerintah No. 14 Tahun 2017 yang merupakan wadah bagi potensi pencarian dan pertolongan dalam melaksanakan komunikasi koordinasi, dan konsultasi di bidang pencarian dan pertolongan.

“Maksud dan tujuan diadakan forum koordinasi pencarian dan pertolongan ini diharapkan bisa memberikan semangat yang baru,” katanya.

Peran potensi besar dari Basarnas, kata Mustari, di antaranya yaitu pembinaan dan pemberdayaan potensi pencarian dan pertolongan. Melaksanakan koordinasi tingkat pusat dan supervisi FKP3 daerah.

Baca Juga:  Israel Tangkap 20 Warga Palestina di Tepi Barat 

“Review dan sosialisasi peraturan yang berlaku perban, perka, protap, dan lain lain. Evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan pembinaan potensi serta operasi pencarian dan pertolongan dalam uskup nasional,” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan adanya FKP3 ini diharapkan dapat menjadi meja berinteraksi antara badan nasional pencarian dan pertolongan dengan intansi terkait.

“Saya berharap, FKP3 tingkat daerah ini, menjadi ajang dan menjadi meja berinteraksi antara badan nasional pencarian dan pertolongan dengan potensi pencarian dan pertolongan, maupun antara kementerian, dan lembaga potensi pencarian dan pertolongan,” kata Mustari.

Kegiatan tersebut melibatkan seluruh instansi Potensi SAR yang ada di Ambon, termasuk ikut serta dalam kegiatan tersebut Ukhuwah Al Fatah Rescue Maluku.

Baca Juga:  Pasca Haji 2024, Saudi Buka Umrah Lebih Cepat dan Tanpa Vaksin Meningitis

Ikut serta dalam kegiatan itu di antaranya, Danrem 151 Binaiya, Bakamla Maluku, Brimob Polda Maluku, Poairud Polda Maluku, 733 Raider, Lantamal IX Ambon, Sabhara P Ambon PP Lease, PMI Maluku, PMI Kota Ambon Pramuka Maluku, Pramuka Kwarcab Kota Ambon, Pramuka Kwaran teluk Ambon, Bankompol Ambon, Mahupala Unpatti, KPA Pelita Ambon, Manawa Rescue Ambon, Kanal Ambon. (L/hsn/R6/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Widi Kusnadi