Bahagiakan Orang Tua Dengan Menghafal Al-Qur’an

Peserta Muslimin yang mengikuti Musabaqah Hafalan Al-Qur’an dan Hadits (MHQH) ke-9 ditahun 2017.(Foto: MINA/Alliya)

Jakarta, 15 Jumadil Akhir 1438/14 Maret 2017 (MINA) – Peserta Muslimin yang mengikuti Musabaqah Hafalan Al-Qur’an dan Hadits (MHQH) ke-9 menyatakan tujuan ingin membahagiakan kedua orang tuanya dengan menghafal Al-Qur’an.

“Yang memotivasi kami menghafal Al-Qur’an bahwa ia kitab bagi umat Islam yang membawa petunjuk, dan kelak akan membahagiakan orang tua kita di surga,” kata Yunus salah satu peserta MHQH ke-9 hafal 30 juz dari pesantren Ukhuwah, Sukaharjo, Solo, kepada Mi’raj Islamic news Agency (MINA) pada Selasa (14/3) di di Hotel Balairung, Jakarta Pusat.

Peserta yang berusia 18 tahun  ini menambahkan, untuk menghafal Al-Qur’an itu bukan hal yang sulit, apalagi mendapat dorongan dari teman yang hafal dan ustad-ustad pembimbing, selain itu juga harus selalu istiqomah dalam kebaikan dan terus-menurus untuk membaca, maka akan hafal.

“Dengan proses sekitar 3,5 tahun, alhamdulillah sekarang hafal Al-Qur’an,” tambahnya.

Selain itu, Abdurrahman Farhani peserta dari Musabaqoh Tilawatil Qur’an, Sulawasi Tenggara mengatakan salah satu keutamaan menghafal Al-Qur’an  yaitu kelak akan memberikan untuk orang tua mahkota di akhirat, maka dari itu, AlQuran kami hafalkan.

“Al-Quran mengandung banyak keutamaan, salah satunya bisa memberikan orang tua mahkota di akhirat kelak, Al-Qur’an juga diturunkan untuk umat Islam, kalau bukan kita umat Islam yang membaca dan menghafalkan, terus siapa lagi,” tambahnya yang mengikuti MHQH hafal 10 juz qur’an.

MHQH yang ke-9 kalinya digelar Kedutaan Besar (Kedubes) Kerajaan Arab Saudi bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) di Indonesia tingkat Nasional untuk laki-laki, kali ini juga memberikan kesempatan pada wanita untuk dapat mengikuti acara itu.

Acara ini berlangsung dari Senin malam (13/3) dibuka di Hotel Balairung, Jakarta, yang kini ditempatkan untuk peserta laki-laki dengan jumlah 160 orang dari 20 provinsi, bagi peserta wanita ada 30 orang akan di mulai pada Selasa malam (14/3) di Hotel Blue Sky, Jakarta.

Musabaqoh hafalan Qur’an laki-laki terbagi menjadi empat gelombang 30 juz dengan 33 peserta, 20 juz ada 34, 15 juz ada 31 dan 10 juz ada 32 peserta, untuk hadits Nabawi dengan hafal 500 hadits ada 30 peserta laki-laki, yang diikuti lebih dari 20 provinsi.

Terkait hadiah yang akan diberikan bagi penghafal 30 juz, yaitu juara 1 mendapat uang 16.000 riyal (Rp 57 juta), 2 mendapat 15.000 (Rp 53 juta), 3 mendapat 14.000 (Rp 49 jt), penghafal 20 juz juara 1 mendapat 13.000 riyal(Rp 46 juta) begitupun tingkat menurun seterusnya. (L/R10/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.