BAN KI-MOON: PBB TERUS DUKUNG KONSESUS NASIONAL PALESTINA

Ban ki Moon

Foto: Ria Novosti
Foto: Ria Novosti

, 19 Dzulhijjah 1435/13 Oktober 2014 (MINA)- Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pada konferensi rekonstruksi  mengatakan, siklus menghancurkan di Gaza harus diakhiri, sehingga PBB akan terus mendukung Pemerintah Palestina Konsensus Nasional.

“Siklus menghancurkan bangunan harus berakhir, Donor mungkin lelah – tapi rakyat Gaza yang terluka dan berdarah. Sudah cukup,” kata Ban Ki-moon, seperti dilaporkan Rianovosti yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin.

“Ada pemahaman yang universal bahwa Gaza tidak mungkin dapat dibangun kembali jika pondasi politik masih lemah. Itulah sebabnya PBB akan terus mendukung Pemerintah Konsensus Nasional. Pertemuan kabinet pemerintah persatuan baru-baru ini di Gaza adalah pertanda baik kemajuan yang harus terus dilakukan,” kata Ban Ki-moon selama konferensi.

Dalam sebuah langkah mengejutkan seperti kunjungannya ke Libya pada Sabtu (11/10), Ban Ki-moon mengumumkan bahwa ia selanjutnya akan melakukan perjalanan ke Gaza.

“Saya mengumumkan hari ini, saya akan mengunjungi Gaza pada Selasa (14/10) untuk mendengarkan langsung rakyat Gaza, survei situasi untuk diri sendiri dan membantu memajukan upaya-upaya rekonstruksi kami,” katanya.

menyimpulkan pidatonya pada Ahad  (12/10) dengan mengulangi keprihatinan besar atas situasi di dalam dan sekitar kota Suriah Kobani. Dengan serangan yang terus dilakukan oleh militan Negara Islam, ribuan nyawa dipertaruhkan.

“Saya sekali lagi minta pada semua pihak yang dapat bertindak untuk meningkatkan untuk mencegah pembantaian dan melindungi warga sipil di Kobani,” ujar Ban Ki-Moon. (T/P010/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0