Bangladesh akan Kirim Paket Bantuan untuk Afghanistan

Islamabad, MINA – Bangladesh pada hari Senin (20/12) mengumumkan dukungan kemanusiaan untuk rakyat Afghanistan dan menyampaikan keprihatinan tentang krisis ekonomi dan kemanusiaan yang membayangi di Afghanistan.

Negara itu mengumumkan paket bantuan kemanusiaan dalam bentuk bantuan makanan dan obat-obatan, kata Kementerian Luar Negeri setelah sidang luar biasa ke-17 Dewan Menteri Luar Negeri Organisasi Kerjasama Islam (OKI) tentang situasi Afghanistan yang diadakan di Islamabad, Pakistan, Anadolu melaporkan.

Menteri Luar Negeri Bangladesh Masud Bin Momen memimpin delegasi tingkat tinggi pada pertemuan tersebut.

Saat  pertemuan itu, Momen menyampaikan keprihatinan atas krisis ekonomi dan kemanusiaan yang membayangi penduduk Afghanistan karena kekurangan makanan, tempat tinggal, dan layanan sosial yang akut yang dapat meningkat saat musim mendekat.

Dia berharap pembangunan sosial-ekonomi Afghanistan yang inklusif akan terus berlanjut tanpa gangguan sehingga semua segmen masyarakat dapat secara efektif berkontribusi pada proses pembangunan kembali dan menjaga keharmonisan daerah.

“Saat ini juga Bangladesh dapat menjadi mitra dalam proses pembangunan Afghanistan karena “berusaha meningkatkan kerja sama regional untuk mewujudkan kemakmuran bersama bagi Kawasan,” ujarnya.

Sambil menghargai OKI untuk menilai dewan luar biasa, ia mendesak para pemimpin untuk mengintensifkan kerja sama di dalam dan di luar OKI dalam mendukung rakyat Afghanistan.

Bangladesh juga menyatakan kembali dukungannya untuk perjuangan rakyat Palestina untuk negara Palestina yang merdeka dan layak dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya. (T/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)