Bangladesh Resmikan 50 Masjid Percontohan

Dhaka, MINA – meresmikan lebih dari dan pusat kebudayaan Islam. Upacara pembukaan masjid percontohan ini dilakukan secara virtual, Selasa (17/1), di Ganahaban.

Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina mengatakan, dengan membuka masjid percontohan tahap kedua, sejauh ini dia telah meresmikan 100 masjid dari 564 masjid yang dibangun, dengan biaya Taka 9435 crore atau Rp 13,8 triliun di seluruh negeri.

Sebelumnya, PM Bangladesh telah membuka 50 masjid pada tahap pertama, 10 Juni 2021, dilansir di BSS News. Sheikh Hasina diperkirakan akan membuka 50 masjid lagi dan pusat kebudayaan Islam pada tahap ketiga, akhir Februari mendatang.

Pembangunan sisa masjid dan pusat kebudayaan Islam dijadwalkan selesai pada Juni 2024, model masjid dan pusat kebudayaan Islam tersebut disebut memiliki tempat terpisah untuk (wudhu) dan sholat bersama, dengan sistem AC.

Selain itu, akan ada pengaturan pendaftaran dan pelatihan untuk jamaah haji, pusat pelatihan Imam, pusat penelitian dan perpustakaan Islam, pojok autisme, dan sistem ritual sebelum pemakaman.

Selain itu pula, fasilitas parkir mobil, hifzakhana, pendidikan pra-sekolah dasar dan pengaturan pembelajaran Alquran, ruang konferensi untuk Islam kegiatan budaya dan dakwah Islam, pusat penjualan buku-buku Islam, fasilitas asrama untuk tamu lokal dan asing, serta masjid.

Menteri Negara Urusan Agama Md Faridul Haque Khan dan Sekretarisnya Kazi Enamul Hassan turut memberikan sambutan pada acara tersebut dari Auditorium Osmani Smriti.

Anggota parlemen lokal, perwakilan publik, pemimpin partai politik, pejabat pemerintah, ulama dan masyarakat umum turut hadir dalam acara tersebut. Video dokumenter berkaitan dengan model masjid dan pusat kebudayaan Islam diputar pada acara tersebut.

Dijiwai dengan semangat Islam dan mengikuti jejak Bapak Bangsa Bangabandhu Sheikh Mujibur Rahman, Sheikh Hasina memiliki gagasan untuk membangun 564 model masjid di seluruh negeri.

Tujuan dari proyek ini adalah mempublikasikan persaudaraan Islam dan nilai-nilainya, serta menyebarkan esensi Islam melawan ekstremisme dan militansi, karena agama tidak pernah mendukungnya.

Selain itu, model masjid ini akan menjadi pusat penyadaran terhadap terorisme dan kekerasan terhadap perempuan, serta mensosialisasikan kegiatan pembangunan pemerintah. (T/R4/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.