Banjir Melanda Aceh Singkil, 17 Sekolah Diliburkan

Banda , MINA – kembali melanda kabupaten Aceh , Provinsi Aceh. Akibatnya sebanyak 17 sekolah di kabupaten tersebut terpaksa diliburkan, lantaran sebagian lantai dan halaman sekolah masih banjir.

Yusfithelmi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Aceh Singkil, mengatakan, sebanyak 12 Sekolah Dasar (SD) dan tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang diliburkan akibat genangan banjir, Selasa (16/10).

12 Sekolah Dasar yang diliburkan adalah, SDN Kilangan, SDN Suka makmur, SadN 2 Singkil, SDN Kayu menang, ranto Gedang, SDN Takal pasir, SDN Teluk ambun, SDN Teluk Rumbia, SDN Siti Ambia, SDN Pemuka, SDN Muara Pea dan SDN Ujung Bawang.

Sementara tiga SMP yang terpaksa diliburkan yaitu, SMPN 2 Singkil dan SMPN Satu Atap Ranto Gedang serta SMA Negeri 1 Singkil.

“Rata-rata sekolah yang diliburkan ada di kecamatan Singkil, kebanyak pelajarnya juga berada di bantaran sungai seperti Desa Ujung Bawang yang akses ruas jalan menuju sekolahnya masih tergenang banjir,” katanya.

Dirinya juga meminta kepada para orang tua pelajar untuk bersabar karena kondisi sekolah yang terdampak banjir yang memaksa proses belajar mengajar diliburkan.

“Insya Allah beberapa hari kedepan akan normal kembali seperti biasa, banjir ini bencana alam dan kita tidak bisa berbuat banyak. Mudah – mudahan saja banjir di sekolah dan akses jalan ke sekolah segera surut,” katanya.

Hujan deras beberapa hari lalu menyebabkan banjir di Aceh Singkil sehingga merendam delapan kecamatan dengan jumlah warga terdampak mencapai 24.321 jiwa dalam 34 desa, selain banjir, juga terjadi longsor hingga menimbun badan jalan sehingga sulit dilalui kendaraan. (L/AP/RS3).