Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Banjir Rendam 10 Desa di Sumatera Barat Sudah Surut

Insaf Muarif Gunawan - Selasa, 15 Agustus 2023 - 20:08 WIB

Selasa, 15 Agustus 2023 - 20:08 WIB

5 Views

Jakarta, MINA – Banjir yang menggenangi beberapa desa di wilayah Sumatra Barat telah surut.  Sebelumnya 10 desa atau nagari di Kecamatan Silaut terendam dengan tinggi muka air antara 30 – 75 cm. Banjir terjadi setelah hujan lebat berlangsung pada Senin (14/7), pukul 16.00 WIB.

“Kesepuluh nagari terdampak yaitu Nagari Sanbungo, Air Hitam, Sungai Seri, Sungai Pulai, Silaut, Lubuk Bunta, Pasir Binjai, Sungai Sirah, Durian Seribu dan Talang Binja,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (15/8), demikian keterangan yang diterima MINA.

BPBD Kabupaten Pesisir Selatan mencatat 713 KK terdampak. Namun demikian tidak ada laporan korban jiwa atau pun warga yang melakukan pengungsian.

Meskipun banjir telah surut di Kecamatan Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyiagakan perahu karet di wilayah terdampak. Tim reaksi cepat BPBD juga bersiaga apabila ada warga membutuhkan evakuasi. Pihaknya telah melakukan asesmen dampak banjir.

Baca Juga: [BEDAH BERITA MINA] Malam Ini Bahas Krisis Gaza, Bagaimana Peran Dunia

Peringatan dini cuaca hingga esok hari (16/8), Provinsi Sumatra Barat masih berpeluang hujan dengan intensitas lebat yang disertai petir atau kilat dan angin kencang. Sedangkan wilayah Pesisir Selatan berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada hari ini (15/8).

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk waspada dan siap siaga dalam menghadapi potensi bahaya hidrometeorologi basah, seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang. Salah satu langkah kesiapsiagaan, warga dapat menyiapkan tas siaga bencana apabila harus melakukan evakuasi ke tempat pengungsian.  (R/R8/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Cuaca Jakarta Jumat Ini Cerah Berawan

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Eropa
Indonesia