Banjir Rendam Lima Desa di Kabupaten Tanah Bumbu

Jakarta, MINA – Banjir merendam lima desa di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, pada Sabtu (14/8), pukul 07.00 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu menyampaikan, banjir tersebut dipicu oleh hujan berintensitas tinggi.

“Lima desa yang terendam dengan tinggi muka air sekitar 30 – 50 cm yaitu Desa Sinar Bulang, Sungai Danau, Jombang, Satui Timur dan Sejahtera Mulia,” jelas BNPB dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/8).

BPBD Kabupaten Tanah Bumbu menyampaikan, kejadian ini mengakibatkan sebanyak 400 warga mengungsi di beberapa titik, sekitar 599 KK terdampak banjir tersebut dan 183 hektar lahan milik warga terendam.

“BPBD telah melakukan upaya penanganan darurat, seperti evakuasi warga ke tempat yang aman. Sejak pagi tadi BPBD setempat masih melakukan pendataan di lapangan terkait dampak banjir,” ujar BNPB.

Berdasarkan analisis inaRISK menunjukkan 10 kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu merupakan wilayah berpotensi banjir dengan kategori sedang hingga tinggi.

Salah satu dari 10 kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Satui yang saat ini terdampak banjir. (R/SR/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Dapatkan berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Jangan lupa juga ikuti berita terkini dari MINANEWS di Google News, klik di sini.