Bank Dunia Akan Terus Dukung Anggaran untuk Palestina  

Ramallah, MINA – Wakil Presiden Bank Dunia untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, Ferid Belhaj, Jumat (16/11)  mengatakan, Bank Dunia akan terus menyediakan anggaran dukungan untuk Otoritas Palestina dan warga Palestina

Ini adalah kunjungan pertama Belhaj ke Palestina sejak mengambil alih posisi sebagai Wakil Presiden Regional, dan bertujuan untuk meninjau langsung tantangan ekonomi dan sosial Palestina, demikian Wafa melaporkan.

“Bank Dunia mendukung Otoritas Palestina untuk memperbaiki kehidupan rakyatnya. Ini berhubungan dengan penguatan institusi Palestina untuk memungkinkan pertumbuhan ekonomi dan nelayani masyarakat. Kami akan terus mendukung program pembaruan Otoritas Palestina yang berfokus pada manajemen fiskal dan manajemen keuangan publik dan memberikan dukungan anggaran sambil berinvestasi dalam proyek-proyek antara lain, perlindungan air, perkotaan dan sosial,” kata Ferid Belhaj.

Belhaj juga bertemu dengan para perwakilan dari sektor swasta dan pengusaha muda. Pertemuan itu untuk membahas peran sektor swasta sebagai mitra potensial dengan Otoritas Palestina dan sumber investasi untuk merangsang ekonomi stagnan di Palestina dan menciptakan lapangan kerja, menurut siaran pers Bank Dunia mengenai kunjungan Belhaj.

“Saya dikejutkan oleh tekad dan pemikiran inovatif para pengusaha muda untuk membawa perubahan dalam hidup mereka. Keinginan kuat mereka untuk mengejar usaha meskipun lingkungan yang sangat menantang dan terkendala hal itu merupakan pelajaran bagi semua. Anak-anak muda Palestina ini belum menyerah pada masa depan mereka, begitupun kami. Strategi kami di Bank Dunia telah bergerak dengan tepat untuk mendukung dan mempromosikan upaya para pengusaha muda ini sebagai salah satu kunci untuk pertumbuhan dan stabilitas di masa depan,” tambahnya.

Karena kejadian baru-baru ini, delegasi tidak dapat mengunjungi Gaza seperti yang direncanakan semula. Bank Dunia telah menyediakan  sebagian besar bantuan keuangan dan operasinya untuk mendukung warga Palestina, termasuk di Gaza, dan memastikan penyediaan layanan dasar, termasuk air, sanitasi dan energi. (T/SR/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)