Bank Dunia Bantu Warga Miskin Sudan $ 3,5 Juta

Warga miskin Sudan. (Foto: Didier Ruef)
Warga miskin Sudan. (Foto: Didier Ruef)

Khartoum, 4 Jumadil Awwal 1437/12 February 2016 (MINA) – Bank Dunia Mengalokasikan Dana Hibah sebesar $ 3,5 juta (sekitar 47,6 miliar rupiah) untuk Proyek Perlindungan Sosial sebagai percontohan, yang ditujukan untuk masyarakat miskin di Kordofan, wilayah utara Sudan.

Koresponden Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Khartoum melaporkan, kesepakatan dana hibah ini langsung ditandatangani oleh Menteri Keuangan Sudan Badruddin Mahmud bersama Direktur Utama Bank Dunia untuk perwakilan di Khartoum pada 11 Februari 2016.

Saluran berita Ashorooq Sudan menyiarkan, Menteri Keuangan mengatakan, proyek hibah dari Bank Dunia tersebut akan dilaksanakan oleh dua kementerian, yaitu Kementerian Kesejahteraan dan Jaminan Sosial serta Departemen Keuangan dan Perencanaan Ekonomi.

Baca Juga:  LSM Spanyol: Islamofobia di Eropa Harus Diselesaikan

Bantuan berupa uang tunai untuk usaha yang produktif bagi keluarga miskin.

Menteri Mahmud mengatakan, kerjasama dengan Bank Dunia juga akan membantu dibidang Pendidikan dan lainnya.

Sementara itu, Direktur Bank Dunia untuk Perwakilan di Sudan mengatakan, ia berjanji akan memberikan dukungan teknis diberbagai bidang. Terutama dibidang pemberantasan  dan perlindungan keluarga  miskin diberbagai Wilayah Sudan.

Jumlah keluarga miskin dari data Dewan Zakat Sudan pada 2015 sekitar 222.000 orang. Menurut Badan Statistik Nasional, pada 2018 angka itu akan mencapai 38 Juta jiwa. (L/K06/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik