Bank Dunia Setujui Hibah 30 Juta Dolar AS Dukung Reformasi Palestina

Washington, MINA – menyetujui Kebijakan Pembangunan senilai 30 juta dolar AS untuk mendukung program reformasi dalam memperkuat ketahanan fiskal dan menciptakan lingkungan yang kondusif terhadap investasi swasta dan penciptaan lapangan kerja.

“Dalam kebuntuan saat ini dari penurunan pertumbuhan ekonomi dan tekanan likuiditas, Hibah Kebijakan Pembangunan tetap menjadi instrumen utama dalam mendukung prioritas reformasi dan masalah fiskal,” kata Anna Bjerde, Direktur Bank Dunia untuk Tepi Barat dan Gaza, Kamis (7/2).

Menurut Anna, hibah itu dapat meningkatkan kesinambungan dan kelayakan kredit dari penyedia layanan tidak hanya akan membangkitkan kegiatan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja, tetapi akan menghasilkan kepercayaan warga yang lebih besar, demikian Wafa melaporkan, Sabtu (9/2).

Ia menambahkan, dana hibah dapat memperkuat ketahanan fiskal dan kebijakan pengembangan lingkungan. Hibah tersebut juga akan mendukung implementasi Palestina atas agenda kebijakan nasionalnya pada 2017-2022.

“Hibah itu dapat meningkatkan stabilitas fiskal sektor listrik, air, dan kesehatan yang akan membangun kepercayaan investor potensial dan meletakkan dasar bagi peningkatan aktivitas sektor swasta,” katanya.

Anna mengungkapkan, ini adalah yang kesembilan kalinya dari serangkaian Hibah Kebijakan Pembangunan, dengan total 340 juta dolar AS, yang diperuntukan bagi dukungan anggaran tata kelola sektor publik dan reformasi transparansi Palestina.

Sementara itu, Ekonom Senior Bank Dunia Damir Cosic mengatakan, selain hibah yang akan terus mendukung kemajuan untuk meningkatkan pemberian layanan Palestina dalam energi, air dan kesehatan, itu juga penting untuk memodernisasi sektor lain.

“Hibah penting juga untuk meningkatkan lingkungan bisnis, hukum dan peraturan agar menarik investor pengusaha untuk membangun di atas momentum reformasi baru dalam administrasi pertanahan dan pembayaran mobile tanpa uang tunai,” ujarnya.

Baru-baru ini, Perancis dan Norwegia menyumbang total sekitar 26 juta dolar AS untuk mengimplementasikan kebijakan nasional Palestina yang didukung oleh Hibah Kebijakan Pembangunan Bank Dunia. (T/Ais/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)