Bank Muamalat Bantu Santri Yatim Piatu dan Infrastruktur Ponpes Ciumbeleiut

Bandung, 11 Rabi’ul Awwal 1438/11 Desember 2016 (MINA) – Bank Muamalat Indonesia mendukung penuh target peningkatan kualitas pendidikan Provinsi Jawa Barat melalui dana bantuan pendidikan untuk para santri yatim piatu di Pesantren Nurul Huda, Ciumbuleuit, Bandung.

Dana bantuan pendidikan tersebut merupakan salah satu program “Sekolah Prestasi Muamalat” diberikan dalam bentuk beasiswa serta perbaikan infrastruktur pesantren untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

“Pendidikan merupakan pilar utama dalam membentuk sumber daya insani yang berkualitas dan tentunya akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi negara,” ujar Endy Abdurrahman, Direktur Utama Bank Muamalat Indonesia dalam keterangan persnya di Bandung, Sabtu (10/12).

Untuk itu, lanjutnya, Bank Muamalat senantiasa berkomitmen memajukan industri perbankan syariah di Tanah Air, salah satunya dengan memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan menjadikan mereka pribadi yang cerdas baik secara akademis maupun rohani.

Endy menuturkan, ada dua pertimbangan pemilihan Bandung sebagai kota penerima program adalah, pertama hasil survei Maarif Institute yang menempatkan Bandung sebagai Kota Islami di Indonesia setelah Yogyakarta.

Kedua, lamjut Endy, Bandung akan menjadi tempat deklarasi Jawa Barat sebagai provinsi madrasah dalam Hari Amal Bakti Kemenag pada awal tahun 2017.

“Pengembangan sumber daya manusia yang cerdas, berprestasi serta berakhlak merupakan hal yang mutlak dilakukan untuk mempertahankan predikat Kota Bandung sebagai Kota Islami, sekaligus mendukung perbankan syariah maupun lebih banyak lagi bankir syariah dapat berkembang di Kota Bandung,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Pondok Pesantren Nurul Huda Ustadz Mansyur menyambut baik Program “Sekolah Prestasi Muamalat” sebagai upaya nyata yang dilakukan Bank Muamalat demi kemajuan pendidikan di Indonesia.

“Pondok pesantren kami sangat menghargai atas upaya konkrit yang dilakukan Bank Muamalat untuk memberikan bantuan pendidikan pada para santri kami. Dana bantuan ini akan menjadi penyemangat dan pendorong motivasi mereka untuk menempuh dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” tuturnya.

Program “Sekolah Prestasi Muamalat” ini sebelumnya telah dilaksanakan di sejumlah kota di Indonesia, seperti Padang, Lombok, Nunukan dan Lampung. (L/P011/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)