Bantuan Indonesia untuk Rohingya Mulai Didistribusikan

Dubes RI untuk Bangladesh Rina Soemarno saat menyerahkan bantuan untuk Rohingya di kamp pengungsi Bangladesh. Foto: Kedutaan Besar RI Bangladesh.

Cox’s Bazar, MINA – Indonesia sudah mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Rohingya sejak 14 hinga 16 September total 54 ton. Rencanyanya bantuan tersebut akan didistribuskan kepada muslim Rohingya yang berada di pengungsian Cox’s Bazar, Bangladesh pada Senin (18/9).

Bantuan kemanusiaan tersebut berupa beras (30 ton), selimut (14.000), makanan siap saji (2004 paket), tenda besar (20 unit), tanki air fleksibel (10 unit), family kit (600 paket), pakaian (900 paket) dan gula pasir (1 ton).

“Bantuan kemanusiaan Indonesia telah diterima oleh Pemerintah Bangladesh dan akan segera didistribusikan kepada pengungsi dari Rakhine State yang berada di sekitar Cox’s Bazar,” kata Dubes RI untuk Bangladesh Rina Soemarno di Cox’s Bazar, Ahad (17/9).

Dikutip dari rilis pers yang disiarkan Kedubes RI di Dhaka Bangladesh, bantuan Indonesia yang sudah berada di Gudang akan didistribusikan ke 12 pos/titik distribusi di wilayah pengungsi oleh District Administration Cox’s Bazar bekerjasama dangan badan internasional seperti UNHCR dan IOM.

Pemerintah Bangladesh pun tidak memberikan izin bagi delegasi Indonesia untuk mengunjungi kamp-kamp pengungsi atau ke kota Cox’s Bazar karena alasan keamanan. (R/R08/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)