Bantuan SBSN Tingkatkan Prestasi MTsN Hingga Nasional

Jembrana, MINA – Kepala  Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Jembrana, Bali, Wifqi Rahmi mengatakan, terbukti pasca menerima program SBSN, madrasah lebih banyak mendulang prestasi, baik di bidang akademik maupun nonakademik, mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, bahkan nasional.

MTsN 3 Jembrana menerima bantuan pembangunan sarana pendidikan dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) pada tahun 2019. Bantuan tersebut digunakan untuk membangun Ma’had/Asrama siswa. Demikian keterangan yang dikutip MINA Selasa, (5/1).

Ia menambahkan, keberadaan asrama berlantai II tersebut berdampak positif pada perkembangan pembelajaran siswa. Pasalnya, pendidik dan tenaga kependidikan madrasah bisa lebih total dalam melakukan pendampingan dan pembinaan.

“Selain ditempati siswa, gedung ini dijadikan camp bagi siswa-siswi yang sedang dalam pembinaan dan bimbingan bagi mereka yang akan mengikuti berbagai event perlombaan dan dampaknya tentu sangat besar,” katanya di Jembrana, Selasa (5/1).

“Di tingkat nasional, MTsN 3 Jembrana menjadi juara III pada Kompetisi Robotik Madrasah bagian rancang bangun mesin otomatis,” jelasnya.

Selain itu, di bidang akademik, pada tahun 2020, MTsN 3 Jembrana  banyak meraih emas pada olimpiade tingkat provinsi, juara I Olimpiade IPA Terpadu, juara I Olimpiade IPS Terpadu, juara I Olimpiade Bahasa Inggris, serta Juara I Olimpiade PAI tingkat MTs.

Pada bidang nonakademik, siswa-siswi MTsN 3 Jembrana juga banyak meraih prestasi, di antaranya: juara I lomba Vlog tingkat MTs se-Kab. Jembrana, Juara I atletik lari 5000m putra tingkat Provinsi, Juara III lomba Paskibra tingkat MTs se-Kab. Jembrana, dan Juara III Lomba Catur tingkat SMP/MTs se-Provinsi Bali.

“Ini tentu sangat membanggakan karena MTsN 3 Jembrana telah berprestasi mulai dari tingkat kabupaten sampai pada tingkat nasional. Namun, parameter prestasi siswa bukan hanya meraih kejuaraan pada setiap ajang kompetisi, melainkan juga dari segi akhlak dan karakter siswa-siswi yang membanggakan guru dan orang tua,” ujarnya.

“Di sinilah peran asrama SBSN juga sangat penting dalam pembinaan kegiatan keagamaan. Tentu menjadi kebanggaan tersendiri ketika melihat alumni-alumni MTsN 3 Jembrana menjadi anak-anak yang berakhlakul karimah serta banyak diterima di sekolah-sekolah favorit,” sambungnya.

Ia berharap, semua elemen MTsN 3 jembrana terus bahu-membahu meraih prestasi untuk mengharumkan nama madrasah di provinsi Bali. (R/SH/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)