Bantuan Turki Tiba di Gaza : Mainan dan Sepeda Anak-Anak, Kursi Roda, Gula …

Gaza, 7 Dzulhijjah 1437/ 9 September 2016 (MINA) – Tiga buah truk membawa 2.500 ton bantuan kemanusiaan Turki sampai di Jalur Gaza pada Kamis (8/9) melalui persimpangan Kerem Shalom, perbatasan antara Gaza,  Israel dan Mesir.

“Pihak berwenang Israel mengizinkan masuknya tiga truk bantuan Turki yang berisikan tepung, gula dan beras, bersama dengan mainan dan sepeda untuk anak-anak, serta 100 buah kursi roda ke Jalur Gaza,” kata Mounir Al-Ghalban, seorang pejabat perbataswan Palestina, menjelaskan kepada Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jumat (9/9).

Bantuan itu  dibawa dua kapal bantuan Turki yang berlabuh di pelabuhan Ashdod, Israel, Senin, kemudian dibawa dengan jalan darat ke Gaza, sesuai kesepakatan rekonsiliasi Turki dan Israel. Sebelumnya kapal bantuan kemanusiaan pertama Turki tiba bulan Juli lalu.

Pada Kamis sore, anggota Bulan Sabit Merah Turki yang bekerjasama dengan Kementerian Sosial Gaza, mendistribusikan 40 sepeda untuk anak yatim dan anak-anak miskin di Gaza.

“Kontribusi ini telah membuat banyak anak Gaza sangat senang,” kata Sinan Erdem Dome, Direktur Operasi Bulan Sabit Merah Turki.

Seluruh bantuan  diharapkan sudah  didistribusikan pada warga Gaza sebelum lebaran Idul Adha, pada 12 September mendatang.

Masuknya bantuan Turki ke Gaza yang diblokade Israel, terjadi  sesuai  kesepakatan yang ditandatangani musim panas ini antara Turki dan Israel di mana keduanya sepakat untuk memulihkan hubungan diplomatik setelah enam tahun terputus.(T/M013/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)