WHO : BANYAK WARGA GAZA ALAMI TEKANAN MENTAL

stopwar.org.uk
stopwar.org.uk

City, 20 Dzulqa’dah 1435/15 September 2014 (MINA) –Organisasi  Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa serangan Zionis ke Gaza menimbulkan tekanan jiwa mendalam bagi warga Gaza. “Setidaknya hal itu dialami oleh satu dari lima orang warga Gaza”, demikian dikatakan oleh Media Alray yang bersumber dari akun internet WHO.

Mark Van Ommeren, salah seorang dokter spesialis kejiwaan dari WHO  mengatakan, serangan brutal Zionis Israel baru-baru ini memang sangat berat dirasakan bagi penduduk sipil, khususnya mereka yang mengalami kekerasan besar-besaran.

“Tidak ada tempat untuk melarikan diri atau berlindung bagi warga Gaza, kita sendiri tahu betapa besar kerugian yang ada, kerusakan bangunan, sekolah dan kehilangan mata pencaharian,” ujar Van Ommeren. Menurutnya, dampak semua itu menjadikan banyak warga Gaza mengalami kesulitan untuk merencanakan pandangan tentang masa depan mereka.

“Kami mengira, paska serangan brutal itu setidaknya sekitar satu dari lima orang di Gaza bisa mengalami masalah kesehatan mental yang cukup berat,” tambahnya. Kesulitan bagi masalah ini adalah fasilitas rehabilitasi kejiwaan bagi mereka. “Di Gaza cukup sulit untuk menyediakan layanan tersebut,” ujar Van Ommeren.

Dalam laporan tersebut, dikatakan bahwa paska serangan yang berlangsung selama 50 hari, telah menghancurkan ribuan bangunan dan syahidnya warga Gaza sebanyak 2.140 orang. (T/P006/R12)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Comments: 0