BARACK OBAMA: AS SEMPAT REMEHKAN ANCAMAN ISIL

Presiden AS, Barack Obama (Foto : MEMO)
Presiden AS, Barack Obama (Foto : MEMO)

Washington, 7 Dzulhijjah 1435/30 September 2014 (MINA) – Presiden , Barack Obama mengakui AS tidak mengharapkan situasi di makin memburuk dengan kemunculan kelompok ekstremis yang membahayakan.

Berbicara kepada televisi CBS, Obama mengatakan, para pejuang  Al-Qaeda dan pasukan yang diusir dari Irak, berhasil berkumpul di Suriah dan membentuk organisasi ISIL yang berbahaya.

Obama mengaku AS telah meremehkan kejadian di Suriah dan pengaruh mereka akan berdampak terhadap keamanan di kawasan itu, seperti dilaporkan Middle East Monitor (MEMO) yang dkutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Selasa.

“Namun selama beberapa tahun terakhir, selama kekacauan perang sipil di Suriah, mereka mampu menyusun kembali kekuatan dan mengambil keuntungan dari kekacauan tersebut,” kata Obama.

“Dan ini menjadi lokasi untuk jihad di seluruh dunia.”

Sebuah koalisi pimpinan AS baru-baru ini dibentuk untuk melawan ISIS, termasuk negara-negara Arab dan Uni Eropa.

Obama mengatakan, direktur Media ISIS telah menjadi sangat terampil menggunkan media sosial untuk merekrut anggota baru di Eropa, Amerika, Australia dan negara-negara Islam lainnya.

Dia menegaskan, satu-satunya solusi adalah kekalahan militer, karena serangan tersebut bertujuan untuk mencegah organisasi itu memiliki wilayah dan sumber daya.

Namun, tambahnya, Suriah dan Irak harus bekerjasama untuk memecahkan masalah politik mereka (T/P002/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

https://www.middleeastmonitor.com/news/americas/14424-obama-we-underestimated-events-in-syria

Wartawan: kurnia

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0