Batal Uji Coba di Spanyol, Timnas U-19 Putuskan Kembali ke Tanah Air

Madrid, MINA – Skuad Timnas U-19 Indonesia kembali ke Tanah Air lebih cepat setelah pemusatan latihan (TC) di Spanyol tak dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah disusun.

Timnas U-19 Indonesia langsung kembali menuju Tanah Air, Rabu (13/1) pukul 11.50 waktu Spanyol, dengan menggunakan maskapai Turkish Airlines. Demikian keterangan pers yang diterima MINA.

Mereka kembali lebih cepat karena Spanyol memberlakukan aturan ketat, yang mana seluruh kegiatan dibatasi. Oleh karena itu, tim asuhan Shin Tae-yong yang menjalani TC sejak 27 Desember 2020 pun tak bisa menggelar uji coba karena aturan tersebut.

Sebelumnya, skuad timnas U-19 Indonesia dijadwalkan akan menghadapi lima laga uji coba melawan tim lokal dan Arab Saudi hinggal 31 Januari 2021. Namun, Keadaan pandemi Covid-19 yang semakin tinggi membuat PSSI memutuskan pulang ke Indonesia menjadi pilihan terbaik.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengatakan, dengan dijadwalkannya kembali ke Indonesia, semua pemain pun langsung menjalani Swab Test.

Swab test dilakukan sebagai salah satu syarat untuk bisa masuk ke Indonesia apabila Warga Negara Indonesia (WNI) yang datang dari luar negeri.

Hal ini karena Indonesia melakukan lockdown untuk Warga Negara Asing (WNA) yang ingin masuk ke Tanah Air.

Indra Sjafri mengungkapkan hasil Swab Test untuk para pemain hingga staff telah dinyatakan negatif.

“Alhamdulillah hasil swab test PCR yang kami lakukan di sini semua hasilnya negatif. Jadi kami semua dapat kembali ke Indonesia,” kata Indra, mantan pelatih timnas U-22 Indonesia tersebut.

Setelah sampainya di Indonesia, para pemain nanti akan menjalani karantina mandiri di hotel selama lima hari.

Hal ini dilakukan sesuai dengan aturan pemerintah Indonesia yang mewajibkan semua WNI yang baru datang ke Tanah Air harus menjalani karantina lima hari di hotel. Kemudian, para pemain bakal kembali menjalani swab test.

Apabila semua dinyatakan negatif bisa kembali menjalani kegiatan, tapi apabila dinyatakan positif akan dirawat sesuai dengan prosedur yang ada.

“Nanti setibanya di Indonesia kami harus melakukan karantina mandiri di hotel selama lima hari dan kembali jalani Swab Test PCR setelah itu,” katanya.

Skuad Garuda Nusantara diperkirakan akan sampai di Indonesia, Kamis, 14 Januari 2021. (R/R11/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)