BAZNAS Akan Salurkan Bantuan Dana Rp 4 Miliar untuk Rakyat Palestina

(Foto: Istimewa/)

 

Jakarta, MINA – Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Zainulbahar Noor mengatakan, dari setiap penghimpunan dana, BAZNAS menyalurkannya dalam berbagai bentuk inovasi, di antaranya dalam bentuk bantuan ekonomi, kesehatan, pendidikan dan bantuan kemanusiaan.

“Pada program kemanusiaan, BAZNAS akan menyalurkan bantuan sebesar Rp 4 miliar untuk membantu rakyat . Bantuan tersebut akan disalurkan melalui dua program,” ujarnya di sela-sela peringatan Milad ke-17 BAZNAS, di Jakarta Pusat, Selasa (16/1).

Zainul mengatakan, Program pertama adalah program bantuan kesehatan. Bantuan kesehatan dipilih karena dikhawatirkan demonstrasi, protes dan bentrok meningkat setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengklaim Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

“Program kedua, yaitu bantuan untuk menghadapi musim dingin di Palestina. Jadi BAZNAS bekerja sama dengan pihak-pihak lembaga di Palestina untuk memberikan bantuan makanan, minuman dan selimut untuk kebutuhan di musim dingin,” ujarnya.

Sementara itu, dalam program bantuan ekonomi, Zainul menjelaskan, BAZNAS mengembangkan Z-Mart dengan tujuan membantu usaha kecil dan menengah (UKM) untuk dapat membuka toko miliknya sendiri. Hal ini terus dikembangkan di Jabodetabek, Lampung, Sumut dan akan dibuka di berbagai tempat di berbagai wilayah di Indonesia.

“Penyaluran dalam bidang kesehatan, BAZNAS membuka Rumah Sehat BAZNAS (RSB) di berbagai daerah di Indonesia. Saat ini sudah ada enam RSB, di antaranya Jakarta, Bangka Belitung, Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah. Masing-masing rumah sehat itu memiliki program luar gedung, sehingga BAZNAS membawa dokter dan perawat untuk mengunjungi daerah-daerah yang tidak terjangkau,” ujarnya.

Sedangkan untuk pendidikan, terdapar dua program besar yang dilakukan oleh BAZNAS, seperti memberikan bantuan beasiswa bagi mahasiswa, yang dinamakan Beasiswa Cendekia. BAZNAS juga membangun sekolah bebas biaya bagi dhuafa, yatim dan sebagainya di Bogor, membiayai banyak sekolah dan pesantren yang bersifat pembinaan terhadap sekolah, pelatihan guru dan peralatan sekolah.

Pada Miladnya yang ke-17, BAZNAS berhasil mempertahankan prestasi sehingga kembali memperoleh sertifikat ISO 9001:2015, sebuah sistem manajemen berstandar global dari Worldwide Quality Assurance (WQA).(L/R04/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.