BAZNAS Berikan Berbagai Layanan untuk Korban Gempa Pasaman Barat

Foto: BAZNAS RI

Pasaman Barat, MINA – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memberikan berbagai pelayanan kemanusiaan kepada warga terdampak gempa di Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Dalam siaran persnya pada Selasa (1/3), mengatakan, melalui BAZNAS Tanggap Bencana dan Rumah Sehat BAZNAS memberikan bantuan evakuasi, layanan dapur umum, dapur air, dan pelayanan kesehatan.

Pelayanan dapur umum dan dapur air dilakukan di dua lokasi berbeda, yakni Kampung Timbo dan Kampung Banir di Nagari Kajai. Demi memaksimalkan aksi, BAZNAS menerjunkan tim BAZNAS Tanggap Bencana Pusat, yang dibantu personel dari BAZNAS Tanggap Bencana Provinsi Sumatera Barat, BAZNAS Tanggap Bencana Kabupaten Tanah Datar, BAZNAS Tanggap Bencana Kabupaten Agam, BAZNAS Tanggap Bencana Kabupaten Pasaman Barat, BAZNAS Tanggap Bencana Kabupaten Padang Pariaman, dan dibantu relawan lain.

Baca Juga:  Ponpes Al-Fatah Ciamis Wisuda 51 Santri

Sementara itu untuk memberi akses kesehatan kepada warga terdampak gempa, BAZNAS juga menerjunkan tim medis ke lokasi bencana.

“BAZNAS juga menaruh perhatian kepada kondisi kesehatan penyintas bencana. Melalui Rumah Sehat BAZNAS, pelayanan kesehatan dilakukan di Pos Kantor BAZNAS Kabupaten Pasaman Barat, dengan penerima manfaat sebanyak 39 pasien,” kata Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA., Selasa (1/3).

Saidah menambahkan, pemulihan pascagempa para penyintas bencana jadi salah satu fokus BAZNAS saat ini. Munculnya dampak lanjutan membuat BAZNAS mengupayakan aksi maupun kegiatan dengan melibatkan para penyintas bencana.

“Bencana biasanya menimbulkan efek berkelanjutan. Salah satunya dari sisi kesehatan, ekonomi, maupun psikologis korban. Maka, BAZNAS mengupayakan hadir untuk membantu pemulihan para penyintas bencana, termasuk yang di Pasaman Barat ini,” katanya.

Baca Juga:  IRI-BRGM Indonesia Gelar Pelatihan Jurnalisme untuk Komunitas Agama

“Upaya ini sering dilakukan BAZNAS di lokasi bencana, salah satunya saat membantu korban erupsi Gunung Semeru beberapa waktu lalu. Di sana selain kesehatan pengungsi, BAZNAS juga menyertakan aksi layanan psikososial untuk memulihkan trauma para korban, terutama para anak dan lansia,” lanjut Saidah.

Saidah berharap korban bencana gempa di Pasaman Barat dapat segera pulih dan bangkit seperti semula.

“BAZNAS berharap saudara-saudara kita di Pasaman Barat segera pulih dan bisa beraktivitas seperti semula. Dalam membantu proses pemulihan korban bencana, BAZNAS membutuhkan sinergi dengan berbagai pihak, termasuk pihak terkait maupun donatur, agar memaksimalkan aksi di lapangan,” pungkasnya. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf