Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Baznas Berperan Penting dalam Akselerasi Sanitasi Aman di Temanggung

Zaenal Muttaqin Editor : Bahron Ansori - 17 detik yang lalu

17 detik yang lalu

0 Views

Rapat Fasilitasi Akselerasi Pencapaian Sanitasi Aman di Ruang Sindoro Bappeda Temanggung (Foto: Dok. MINA)

Temanggung, MINA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menunjukkan peran strategisnya dalam upaya percepatan pencapaian sanitasi aman di wilayah ini.

Baznas bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan USAID Iuwash Tangguh berkolaborasi untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap sanitasi layak.

Kepala Bidang Ekonomi, Sumber Daya Alam, dan Infrastruktur Bappeda Temanggung, Adi Wibowo menegaskan pentingnya peran Baznas dalam mendukung target sanitasi aman di Temanggung.

Saat ini, pencapaian sanitasi aman di Temanggung masih berada di angka lima persen.

Baca Juga: Kafilah Jawa Tengah Siap Berbenah Usai Berlaga di MTQN XXX Samarinda

Adi mengapresiasi kontribusi Baznas yang telah menjalankan program jambanisasi sebagai bagian dari solusi untuk memperbaiki kondisi tersebut.

“Peran Baznas sangat krusial, mereka telah membantu membangun jamban yang layak bagi masyarakat. Ini merupakan langkah penting dalam mencapai target sanitasi aman. Sinergi dengan Baznas dan Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) sangat kami butuhkan untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Adi saat menghadiri Rapat Fasilitasi Akselerasi Pencapaian Sanitasi Aman di Ruang Sindoro Bappeda, Selasa (17/9).

Adi juga menambahkan, ke depan, kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan air limbah domestik harus terus ditingkatkan. Menurutnya, pengelolaan limbah yang baik bukan hanya soal kesehatan, tetapi juga terkait kelestarian lingkungan.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Temanggung, Mansur Asnawi, menjelaskan bahwa Baznas telah menganggarkan program jambanisasi sebanyak 200 unit pada tahun 2024, dengan alokasi dana Rp 1,5 juta per unit.

Baca Juga: AWG Resmikan Biro di Ambon

Program ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang belum memiliki akses sanitasi layak.

“Kami bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan instansi terkait untuk memastikan bahwa penerima program jambanisasi ini benar-benar tepat sasaran. Pendataan dan survei lapangan dilakukan secara detail untuk menjamin efektivitas program,” jelas Mansur.

Dengan adanya dukungan Baznas, Bappeda, dan USAID Iuwash Tangguh, harapannya Temanggung dapat mencapai target sanitasi aman yang lebih baik, sekaligus memberikan dampak signifikan terhadap kualitas hidup masyarakat serta lingkungan yang lebih bersih dan sehat. []

Mi’raj News Agency (MINA) 

Baca Juga: Cuaca Jakarta Diprediksi Mendung Selasa Ini

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Palestina
Indonesia
MINA Health