Baznas Himpun ZIS Rp. 6 Triliun Tahun 2017

Deputi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Arifin Purwakananta. Foto: Royhanul Iman/MINA
Jakarta, MINA – Deputi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Arifin Purwakananta mengungkapkan, pada tahun 2017 ini Baznas telah menghimpun zakat, infak sedekah (zis) sebesar Rp. 6 triliun.
“Peningkatan nasional yang kami catat itu sebesar 20 persen dari pengumpulan atau pengelolaan zakat Indonesia tahun lalu,” kata Arifin dalam pemaparan Capaian Kerja Baznas 2017 di Jakarta, Rabu (27/12).
Ia menambahkan, meski pengumpulan ZIS tahun 2017 ini berakhir pada akhir buanDesember, namun Arifin yakin angka Rp. 6 triliun akan tercapai, sedangkan tahun 2016 sebelumnya Baznas berhasil menghimpun Rp. 5,12 triliun.
Ia menjelaskan, Rp. 6 triliun tersebut merupakan pengumpulan dari seluruh lembaga amil zakat di Indonesia, 60 persen berasal dari Baznas, dan 40 persen lainnya berasal dari lembaga amil zakat (laz) baik Baznas pusat, Baznas kota/provinsi, laz tingkat nasional maupun daerah.
Baznas pusat sendiri pada tahun 2017 berhasil menghimpu sebesar Rp. 155 miliar, naik dengan tahun lalu yakni Rp. 111 miliar. Peningkatan sebesar 40 persen ini karena meningaktnya inovasi layanan publik, kemudahan berdonasi, oleh Baznas.
“Itu dicapai menurut kami karena beberapa hal, diantaranya adalah keberhasilan komunikasi Baznas adalah menyampaikan berbagai program Baznas baik penyaluran, ataupun metodologi cara kemudahan berzakat, berinfak, sedekah,” katanya.
Arifin mengatakan, hal itu juga dikarenakan peningkatan transparasi, peningkatan manajemen, dan layanan kepada muzakki sehingga dana yang terhimpun cukup besar untuk dikembangkan dan didistribusikan melalui Baznas.
(L/R08/P1)
Mi’raj News Agency (MINA)