BAZNAS: Jurnalisme Filantropi Berperan Positif Bagi Pengelolaan Zakat

Foto: Humas BAZNAS RI

Jakarta, MINA – Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI Bidang Pengumpulan, Rizaludin Kurniawan memaparkan, secara interaktif yakni berdasarkan sejarah bahwa dapat menginspirasi dan memotivasi serta berdampak positif dalam pengelolaan zakat.

“Jembatan untuk menggerakkan orang itu melalui pengolahan informasi dan penyampaian informasi atau bahasa lainnya itu jurnalistik/jurnalisme, tetapi bukan hanya yang biasa namun ini jurnalisme filantropi yang mempunyai misi mempengaruhi, menggerakkan orang-orang untuk sama-sama berjuang,” ujar Rizaludin dalam keterangan pers di Jakarta yang diterima MINA, Kamis (4/1).

Menurutnya, jurnalisme filantropi berfokus pada melaporkan dan menyebarkan informasi seputar kegiatan-kegiatan filantropi, baik yang dilakukan oleh individu, yayasan, atau organisasi nirlaba lainnya.

Baca Juga:  Sebanyak 40 Ton Beras Bantuan Tiba di Posko Banjir dan Longsor Sulsel

Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesadaran terhadap isu-isu sosial dan mempromosikan kebaikan dan perubahan positif dalam masyarakat.

“Melalui jurnalisme filantropi, masyarakat dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang isu-isu sosial yang perlu diperhatikan dan solusi alternatif yang dapat diadopsi. Ini juga dapat menjadi sumber inspirasi bagi individu lain yang berpotensi ingin terlibat dalam filantropi,” jelasnya.

Rizaludin menambahkan, jurnalisme filantropi dapat berperan sebagai alat yang kuat untuk menggerakkan perubahan sosial positif dan memobilisasi dukungan untuk tujuan amal.

“Ini dapat menjadi sumber informasi yang berharga bagi pembaca yang ingin terlibat dalam filantropi atau ingin lebih memahami isu-isu sosial yang mendesak,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rizaludin juga menjelaskan terkait konsep jurnalisme filantropi, model kerja jurnalisme filantropi, dan model bisnis jurnalistik filantropi.

Baca Juga:  Manggarai Barat Dukung Sertifikasi Halal UMK di Labuan Bajo

Tidak hanya itu, Rizaludin juga menjelaskan terkait interkoneksi jurnalisme filantropi, serta perbedaan jurnalisme air mata, dan profetik. Jurnalisme filantropi bagi Baznas adalah upaya menceritakan fenomena kebaikan para muzaki dan perjuangan mustahik untuk membangun tatanan hidup yang lebih baik, harmoni, saling menopang dan berkeadilan dalam mewujudkan syariat zakat. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.