BAZNAS Layani Korban Banjir di Jabar dan Jateng

(Foto: Istimewa)

Cilacap, MINA – Badan Amil Zakat Nasional () melayani masyarakat yang terdampak di sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Daerah tersebut antara lain Kabupaten Cilacap, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Ciamis.

Kepala BAZNAS Tanggap Bencana (BTB), Dian Aditya Mandana Putri mengatakan, Selasa (27/10) pagi BTB menambah kekuatan para personil daerah dengan mengirim tim gabungan yang terdiri dari personil penyelamat dan tim medis dari Rumah Sehat BAZNAS Jakarta. Tim telah menyiapkan evakuasi dan menyalurkan bantuan logistik.

“Tim gabungan berasal dari BAZNAS RI, juga BAZNAS Provinsi Jawa Barat, BAZNAS Kabupaten Cilacap dan BAZNAS Tanggap Bencana Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bergerak ke tiga lokasi tersebut,” katanya.

Sebelumnya, Selasa (27/10) dini hari Tim BAZNAS Tanggap Bencana Kabupaten Cilacap telah bergerak ke Desa Mujur Lor RW 04 Kecamatan Kroya , Cilacap, Jawa Tengah.

Setelah melakukan koordinasi dengan perangkat desa setempat, BAZNAS mendirikan posko dan dapur umum, serta membantu melakukan evakuasi korban menuju posko sementara. Selain itu, tim juga telah menyalurkan bantuan sembako untuk warga terdampak.

Saat ini para pengungsi masih membutuhkan bantuan berupa bahan makanan, obat-obatan, selimut dan alas tidur. Tim penyelamat saat ini juga membutuhkan alat evakuasi seperti perahu karet dan kendaraan lainnya.

Di Desa Mujur Lor, terdapat 800 keluarga lebih yang terdampak dari banjir. Sejak hari Ahad (25/10) sore hujan deras mengakibatkan meluapnya air sungai Kali Tipar dan mengakibatkan banjir setinggi 1 hingga 2 meter di sebagian besar wilayah Desa Mujur Lor.

“Saat ini BAZNAS RI, dan BAZNAS kabupaten setempat mempersiapkan bantuan lanjutan yang akan disalurkan kepada masyarakat terdampak banjir,” kata Dian. (T/R2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.