Baznas Luncurkan Aplikasi ‘Kurban Berdayakan Desa’

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bambang Sudibyo (tengah) saat peluncuran aplikasi Kurban Berdayakan Desa di Jakarta, Senin (21/8).

Jakarta, MINA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan aplikasi berbasis android untuk memudahkan masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah kurban di Hari Raya Idul Adha.

Aplikasi itu bernama Kurban Berdayakan Desa yang secara gratis dapat diunduh di Playstore dan untuk saat ini baru tersedia untuk android saja.

“Kurban adalah event besar yang terkait Hari Raya Idul Adha, untuk memudahkan diluncurkan sebuah layanan baru mobile apps Kurban Berdayakan Desa,” kata Ketua Baznas Bambang Sudibyo saat acara peluncuran di Jakarta, Senin (21/8).

Ia menambahkan, masyarakat bisa berkurban lewat Baznas melalui aplikasi ini dengan cara mentransfer uang, kemudian hewan kurban akan dibeli di desa, disembelih dan didistribusikan di tempat itu juga.

Bambang mengatakan, dengan cara membeli hewan kurban di desa dengan harga layak, kemudian mendistribusikannya juga di sana, menurutnya bisa memberdayakan peternak, dan menyejahterakan warga desa.

“Baznas beri bibit kambing di desa, kemudian Idul Adha kita beli kambingnya. Baznas ingin menangkap peluang pemberdayaan ekonomi desa melalui penyediaan hewan kurban,” katanya.

Sementara itu, Kepala Divisi IT BAZNAS Achmad Setio Adinugroho mengatakan, cara berkurban melalui aplikasi ini cukup mudah, masyarakat hanya perlu unduh aplikasi di android kemudian mengisi data diri.

Kemudian, masyarakat tinggal memilih ingin berkurban berapa kambing, jika sudah masyarakat hanya perlu mentransfer uang ke rekening Baznas lalu akan dibelikan kambing di desa.

“Ketika sudah dipesan akan dikirim email berisi rekapan semua data yang sudah diisi plus informasi pembayaran,” katanya.

Masyarakat juga akan diberikan informasi mengenai dimana hewan kurbannya dibeli dan didistribusikan. (L/R08/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)