BAZNAS Optimis Pengumpulan ZIS Ramadhan 1445 H Capai Rp430 Miliar

Para pimpinan BAZNAS RI hadir pada Konferensi Pers Ramadhan 1445 H Nikmat Berzakat: Tentramnya Muzaki, Bahagianya Mustahik” yang diselenggarakan di Gedung BAZNAS RI, Jakarta, Jumat (8/3/2024) (foto: Sajadi/MINA)

Jakarta, MINA – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menargetkan , Infak, dan Sedekah (ZIS) dapat mencapai Rp430 miliar selama bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi

“Kami berharap target itu dapat tercapai. Apalagi penghimpunan zakat BAZNAS terus mengalami peningkatan tiap tahunnya,” kata Ketua KH. Noor Achmad pada “Konferensi Pers Nikmat Berzakat: Tentramnya Muzaki, Bahagianya Mustahik” yang diselenggarakan di Gedung BAZNAS RI, Jakarta, Jumat (8/3).

Ia mengatakan target Rp430 miliar meningkat ketimbang Ramadhan 2023. Tahun lalu dana ZIS BAZNAS Pusat yang berhasil dikumpulkan mencapai sekitar Rp336 miliar. Peningkatan ini, kata Noor, dipandang realistis mengingat setiap tahunnya pengumpulan zakat selalu mengalami peningkatan.

Noor juga menekankan, untuk tahun ini BAZNAS mengusung tagline “Nikmatnya Berzakat:Tentramnya Muzaki, Bahagianya Mustahik” sebagai wujud komitmen BAZNAS mengembangkan zakat sebagai instrumen keadilan sosial.

Menurutnya, jika muzaki tentram maka para mustahik akan bahagia. Jika seseorang beribadah sudah merasa nikmat, maka orang itu sudah merasakan simpati tidak hanya kepada dirinya tetapi juga kepada orang lain.

“Kita juga memberikan pelayanan terbaik bagi muzaki. Kami sampaikan kepada seluruh BAZNAS se-Indonesia jangan pernah lupa mendoakan para muzaki. Demikian juga jangan pernah lupa membuat mustahik bahagia. Ini perlu kita ciptakan bersama di masa yang akan datang,” katanya.

Sementara itu, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan menyampaikan, guna mewujudkan target yang dicanangkan, BAZNAS berupaya melakukan berbagai strategi pengumpulan.

“Target penghimpunan ZIS Rp430 miliar ini hanya untuk di BAZNAS Pusat, sementara target pengimpunan ZIS Nasional selama Ramadhan 2024 sebesar Rp11 triliun (on balance sheet dan off balance sheet). Adapun strategi pengumpulan yang akan dilakukan BAZNAS, kita akan memperkuat pada zakat perusahaan, kita menggandeng beberapa korporasi, dengan mengeluarkan label Taat Zakat. Kita juga akan melakukan program zakat karyawan langsung untuk korporasi perorangan,” ujar Rizal.

Tidak hanya itu, kata Rizaludin, BAZNAS juga akan memperkuat program di luar negeri kerja sama dengan badan filantropi luar negeri seperti yang sudah dilakukan dengan KSrelief.

“Selain itu ada juga zakat piority, yang mana merupakan perolehan zakat perorangan yang itu di atas Rp250 juta ke atas. BAZNAS juga akan melakukan Safari Ramadhan yakni safari dakwah bersama Syeikh Palestina, mudah-mudahan program ini juga dapat mendorong tercapainya perolehan target ZIS selama Ramadhan,” ucapnya. (L/RE1/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Chamid Riyadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.