Baznas : Potensi Zakat Rp. 217 Triliun

Deputi Baznas M Arifin Purwakananta. Foto: MINA

Jakarta, MINA – Pengelolaan zakat secara tepat diyakini bisa mempercepat upaya pengentasan kemiskinan di negeri ini, sebab, dengan mewajibkan umat Islam menunaikan Rukun Islam ketiga itu, akan mendorong peningkatan realisasi potensi penghimpunan zakat nasional yang mencapai Rp 217 triliun.

“Apabila kita bandingkan potensi zakat setiap tahun yang mencapai angka 217 triliun rupiah, sebenarnya ini tak terlalu ada jarak yang lebar dengan program pengentasan kemiskinan yang dicanangkan pemerintah dengan menganggarkan dana sekitar 225 triliun rupiah,” ujar Deputi Baznas M Arifin Purwakananta saat Diskusi Bedah Zakat dan Peluncuran Majalah Baznas di Menara Taspen, Jakarta, Rabu (22/11).

Arifin meyakini, potensi zakat yang begitu besar itu apabila terealisasi dengan optimal maka akan bisa mengambil alih program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan di negeri ini. Dengan demikian, pemerintah tidak perlu lagi mengalokasikan dana APBN untuk program pengentasan kemiskinan. Jadi, cukup diambilkan dari dana zakat, infak dan sedekah.

Baznas mengusulkan revisi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2014 tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat menjadi peraturan presiden (perpres) tentang pemotongan gaji aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai BUMN/BUMD serta perusahaan (swasta) untuk membayar zakat.

Untuk mengoptimalkan penyerapan potensi zakat itu, Arifin mengungkapkan, dalam waktu dekat pihaknya akan melaunching program baru yang diberi nama Sekedah Baznas. Program ini nantinya akan memanfaatkan teknologi kode QR. Sebagai tahap awal, Baznas akan menerapkannya di lima kota besar terlebih dahulu.

Arifin menjelaskan, program Sedekah Baznas yang memanfaatkan teknologi kode QR ini cukup mudah dilakukan oleh masyarakat. Mereka hanya perlu menyiapkan handphone kemudian memfoto kode QR berupa barcode yang disebar Baznas di tempat-tempat tertentu.

Selain akan segera melaunching program baru, Baznas juga telah meluncurkan Majalah Baznas. Nantinya, Majalah Baznas menjadi sarana bagi masyarakat untuk lebih banyak mengetahui tentang Baznas. Majalah Baznas juga menjadi sarana interaktif antara masyarakat dan Baznas. (L/R06/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)