Begini Cara Shalat Gerhana Menurut Dirjen Bimas Islam

Ilustrasi Salat . (Foto: ist)

Jakarta, MINA – Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen ) Islam Kementerian Agama (Kemenag) Muhammadiyah Amin mengimbau umat Muslim untuk melaksanakan pada 31 Januari 2018.

Hampir seluruh wilayah Indonesia bisa mengamati Gerhana Bulan Total (GBT) ini.

Kemenag juga meminta Kantor Wilayah Kemenag beserta para ulama, pimpinan ormas Islam, imam masjid, aparatur pemerintah daerah dan masyarakat untuk melaksanakan Shalat Gerhana Bulan Parsial di wilayahnya masing-masing secara berjamaah.

“Adapun tata cara shalat gerhana adalah, berniat di dalam hati, takbiratul ihram, yaitu bertakbir sebagaimana shalat biasa,” kata Amin dalam keterangan tertulis yang diterima Mi’raj News Agency (MINA) di Jakarta, Kamis (25/1).

Ia menambahkan, kemudian membaca do’a iftitah dan berta’awudz, lalu membaca surat Al-Fatihah dilanjutkan membaca surat yang panjang (seperti surat Al-Baqarah) sambil dikeraskan suaranya, bukan lirih sebagaimana terdapat dalam hadits Aisyah: “Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam menjaharkan (mengeraskan) bacaannya ketika shalat gerhana.”(HR. Bukhari no. 1065 dan Muslim no. 901).

Lebih lanjut, ia mengatakan, kemudian ruku’ sambil memanjangkannya, lalu bangkit dari ruku’ (i’tidal) sambil mengucapkan “Sami’allahu Liman Hamidah, Rabbana Wa Lakal Hamd”.

“Setelah i’tidal ini tidak langsung sujud, namun dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat yang panjang. Berdiri yang kedua ini lebih singkat dari yang pertama,” kata Amin.

Setelah itu ruku’ kembali (ruku’ kedua) yang panjangnya lebih pendek dari ruku’ sebelumnya, kemudian bangkit dari ruku’ (i’tidal), lalu sujud yang panjangnya sebagaimana ruku’, kemudian duduk di antara dua sujud dan sujud kembali.

Ia menambahkan, jamaah lalu bangkit dari sujud dan mengerjakan rakaat kedua sebagaimana rakaat pertama hanya saja bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya, dan terakhir salam.

“Setelah itu imam menyampaikan khutbah kepada para jama’ah yang berisi anjuran untuk berdzikir, berdo’a, beristighfar, bersedekah,” kata Amin.(R/R08/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)