Bencana Tanah Bergerak di Brebes, 22 Rumah Rusak

Brebes, MINA – Bencana alama tanah bergerak terjadi di Dukuh Sambungregel RT 03 RW 03 Desa Manggis, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Hingga Kamis (14/1) ada 22 rumah yang rusak 10 di antaranya mengalami rusak berat.

Bencana tanah bergerak terjadi sejak Selasa (12/1) akibat intensitas hujan yang tinggi. Kondisi makin parah karena pergerakan tanah terus terjadi dan penghuni rumah terpaksa mengungsi ke tempat aman.

Data dari Posko Bencana yang ada di lokasi, ada 10 rumah yang mengalami rusak berat. Yakni milik Hanip, Suparlin, Ahmad M, Sobirin, Yudi, Jayusman, Aziz, Yopie, Marso dan Efendi. Di antara rumah yang rusak berat ini sebagian terpaksa dirobohkan karena membahayakan.

“Tiap saat terus ada pergerakan tanah dan kerusakan bangunan makin parah sehingga kami terpaksa mengosongkan rumah dan mengungsi,” kata Sodikin, koordinator relawan Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) Brebes yang membantu melakukan evakuasi korban dan penanganan darurat.

Sementara rumah yang mengalami rusak sedang adalah milik Tomi, Mahron, Rapi, Nurohman, Rahumi, Donah, Masiyah, Usman, Nurkholik, Miftahudin, Soni Alamsyah dan Warto.

Sejumlah relawan yang terjun membantu evakuasi dan penanganan darurat selain UAR, diantaranya BPBD Brebes Posko Bumiayu, PMI dan lainnya. (L/B04/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)